Musim 2020/2021 Berakhir, Ini Daftar Juara Kompetisi Besar Eropa

Minggu, 30 Mei 2021 - 11:05 WIB
loading...
Musim 2020/2021 Berakhir, Ini Daftar Juara Kompetisi Besar Eropa
Musim 2020/2021 secara teknis telah berakhir. Final Liga Champions antara Manchester City kontra Chelsea yang merupakan laga pamungkas sudah rampung. Foto: reuters
A A A
PORTO - Perhelatan musim 2020/2021 secara teknis telah berakhir. Final Liga Champions antara Manchester City (Man City) kontra Chelsea yang merupakan laga pamungkas sudah rampung. Uniknya, terjadi sejumlah pergantian juara.



Mulai dari Liga Primer, LaLiga, Serie A, Bundesliga, Ligue 1, Eredivisie, Liga Europa hingga Liga Champions telah selesai digelar. Dari semua kompetisi itu hanya dua saja yang tidak ada pergantian juara.

Bundesliga dan Eredivisie tetap dikuasai tim yang sama. Selebihnya gagal mempertahankan gelar. Terjadi beberapa kejutan karena ada yang juara lagi setelah menunggu sekitar satu dekade, seperti Atletico Madrid (LaLiga), Inter Milan (Serie A) dan Lille OSC (Ligue 1).

Hal mengejutkan lainnya adalah Real Madrid yang merupakan penguasa Spanyol musim lalu, menutup kompetisi tanpa gelar. Ini yang disinyalir menjadi penyebab mundurnya Zinedine Zidane sebagai pelatih.

Sedangkan Barcelona hanya bisa menjuarai Copa del Rey. Artinya, Blaugrana urung memenangi LaLiga hingga dua musim berturut-turut. Hal ini membuat masa depan pelatih Ronald Koeman dalam bahaya.

Hasil buruk juga dialami Liverpool. Sempat diunggulkan karena bisa meraih supremasi selama dua musim terakhir, The Reds malah tidak mendapat trofi sama sekali. Armada Juergen Klopp hanya bisa mengamankan tiket Liga Champions 2021/2022.



Di Serie A, keputusan Juventus memilih Andrea Pirlo menggantikan Maurizio Sarri jadi bumerang. La Vechia Signora gagal merebut Scudetto yang ke-10 secara beruntun. Walau menjuarai Supercoppa Italiana dan Coppa Italia, dia tetap dipecat dan digantikan Massimiliano Allegri.

Yang menarik adalah Inter. Antonio Conte sukses membantu I Nerazzurri menguasai lagi Italia setelah menanti lebih dari 10 tahun. Namun, dia malah mundur sebagai pelatih. Sampai saat ini belum ada penggantinya.

Lalu di LaLiga, Luis Suarez bisa membalaskan dendamnya kepada Barcelona. Dia dibuang Blaugrana ke Atletico pada bursa musim panas lalu secara gratis karena dinilai terlalu tua. Tapi, El Pistolero malah membantu Los Rojiblancos jadi juara lagi sejak 2013/2014.

Musim 2020/2021 juga jadi momen spesial bagi Lille OSC. Walau hanya unggul satu poin, Les Dogues bisa mengalahkan Paris Saint Germain (PSG) dalam perburuan gelar Ligue 1. Mereka jadi juara lagi selama hampir satu dekade.

Sementara Villarreal mengukir sejarah dengan meraih gelar bergengsi pertamanya sejak berdiri pada 10 Maret 1923. Wakil LaLiga itu sukses menjuarai Liga Europa dengan mengalahkan Manchester United (MU) lewat adu penalti.



Sedangkan Chelsea merusak ambisi Man City menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya. The Blues mengalahkan The Citizens 1-0 di Estadio do Dragao, Porto, berkat gol tunggal Kai Havertz (42'). Itu jadi gelar pertama pelatih Thomas Tuchel di Stamford Bridge.

Daftar Juara Musim 2020/2021

Inggris
Liga Primer: Manchester City
Piala FA: Leicester City
Piala Liga Inggris: Manchester City
Community Shield: Leicester City vs Manchester City (8 Agustus 2021)
Top Skorer Liga Primer: 23 Gol - Harry Kane (Tottenham Hotspur)

Spanyol
LaLiga: Atletico Madrid
Copa del Rey: Barcelona
Supercopa de Espana: Athletic Bilbao
Top Skorer LaLiga: 30 Gol - Lionel Messi (Barcelona)

Italia
Serie A: Inter Milan
Coppa Italia: Juventus
Supercoppa Italiana: Juventus
Top Skorer Serie A: 29 Gol - Cristiano Ronaldo (Juventus)

Jerman
Bundesliga: Bayern Muenchen
DFB-Pokal: Borussia Dortmund
DFL-Supercup: Bayern Muenchen
Top Skorer Bundesliga: 41 Gol - Robert Lewandowski (Bayern Muenchen)

Prancis
Ligue 1: Lille OSC
Coupe de France: PSG
Trophee des Champions: PSG
Top Skorer Ligue 1: 27 Gol - Kylian Mbappe (PSG)

Belanda
Eredivisie: Ajax Amsterdam
KNVB Cup: Ajax Amsterdam
Johan Cruyff Shield: Ajax Amsterdam vs PSV Eindhoven (9 Agustus 2021)
Top Skorer Eredivisie: 26 Gol - Giorgos Giakoumakis (VVV-Venlo)

Eropa
Liga Champions: Chelsea
Top Skorer: 10 Gol - Erling Haaland (Borussia Dortmund)

Liga Europa: Villarreal
Top Skorer: 7 Gol – Pizzi (Benfica), Yusuf Yazici (Lille), Borja Mayoral (AS Roma), Gerard Moreno (Villarreal)

Piala Super Eropa: Bayern Muenchen

Piala Dunia AntarKlub: Bayern Muenchen
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)