Del Piero Tidak Jagokan Italia Juarai Piala Eropa 2020, Lalu Siapa?

Minggu, 06 Juni 2021 - 19:05 WIB
loading...
Del Piero Tidak Jagokan Italia Juarai Piala Eropa 2020, Lalu Siapa?
Alessandro Del Piero percaya Italia bisa melangkah hingga semifinal di Piala Eropa 2020. Namun, legenda Juventus itu meyakini Prancis yang akan jadi juara. Foto: football italia
A A A
ROMA - Mantan pemain Timnas Italia, Alessandro Del Piero mengaku sudah tidak sabar menantikan digulirkannya Piala Eropa 2020 mulai 12 Juni nanti. Dia penasaran dengan sejauh mana Gli Azzurri bisa melangkah. Meski demikian, justru negara lain yang diprediksinya bakal jadi juara.



Del Piero sebenarnya yakin Italia bisa lolos dari penyisihan Grup A dengan mudah. Sebab, tim asuhan Roberto Mancini itu ditemani lawan yang relatif mudah, yakni Turki, Wales dan Swiss. Apalagi berstatus sebagai salah satu tuan rumah.

Bahkan, Del Piero meyakini Ciro Immobile dkk setidaknya bisa mencapai semifinal. Sebab, dengan skuad yang dimiliki saat ini dan rata-rata punya cukup pengalaman, bekas bomber Juventus itu merasa Italia cukup kompetitif.

“Kami (Timnas Italia) harus memiliki fase grup yang baik dan mencoba membangunnya dari sana, jika hal itu dlakukan, maka apa pun bisa terjadi di babak sistem gugur,” kata Del Piero, dikutip dari football italia.

Del Piero bisa berkata seperti itu karena faktanya Italia sejauh ini punya catatan menarik di kancah internasional. Jawara Piala Dunia 2006 itu tercatat belum menelan kekalahan sama sekali sejak September 2018.

Bahkan dalam delapan laga terakhirnya, Italia selalu memetik kemenangan. Terbaru mereka sukses mencukur Republik Ceko 4-0 di laga uji coba atau pemanasan jelang Piala Eropa 2020, yang berlangsung Sabtu (5/6/2021).

“Saya merasa kami memiliki potensi untuk mencapai empat besar (di Piala Eropa 2020) dan Roberto Mancini juga tidak pernah menghindar dari itu (peluang Italia lolos sampai ke babak semifinal),” lanjut Del Piero.

Berdasarkan statistik itu, Del Piero berani mengatakan Italia bisa melaju hingga empat besar Piala Eropa 2020. Namun, legenda berusia 46 tahun itu tidak yakin gelar juara bisa diraih pada edisi kali ini.

Alasan Del Piero berkata demikian karena Italia sudah lama tidak mengikuti turnamen resmi internasional. Nyatanya, mereka absen di Piala Dunia 2018 lantaran tidak lolos kualifikasi. Laga kompetitif terakhirnya adalah perempat final Piala Eropa 2016.

Kondisi yang tidak menentu sejak pandemi virus Covid-19 juga dirasa Del Piero akan memberikan dampak untuk perjalanan Italia di Piala Eropa 2020. Tapi, tentu semua tim juga mengalami masalah yang sama.

“Kami harus ingat Italia tidak memainkan turnamen besar selama lima tahun. Juga sangat sulit untuk membuat prediksi akibat adanya Covid-19. Ditambah jadwal pertandingan yang padat dan tidak ada latihan pramusim tahun lalu. Tingkat kebugaran akan membuat perbedaan besar,” lanjut Del Piero.

Menariknya, ketika ditanya siapa yang bakal menjadi juara di Piala Eropa 2020, Del Piero justru menyebut Prancis. Pasalnya, dia melihat hanya The Bleus yang memiliki skuad yang berpengalaman, pemain yang bertalenta, dan kualitas pemain yang merata.



“Tidak ada yang memiliki bakat, kualitas, dan pengalaman (seperti yang dimiliki Prancis). Semua itu menjadi satu di Prancis, yang juga tim pemegang gelar Piala Dunia terakhir,” tutup Del Piero.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2176 seconds (0.1#10.140)