Cerita Kedigdayaan Bulu Tangkis Indonesia Kuasai Piala Thomas

Senin, 25 Mei 2020 - 07:50 WIB
loading...
Cerita Kedigdayaan Bulu Tangkis Indonesia Kuasai Piala Thomas
Cerita Kedigdayaan Bulu Tangkis Indonesia Kuasai Piala Thomas/BWF
A A A
JAKARTA - Cerita kedigdayaan Indonesia di Piala Thomas pada 1990-an dan awal 2000-an adalah salah satu era yang menonjol dalam sejarah bulu tangkis dunia. Pemain Indonesia, setelah merasakan kekalahan tipis pada final 1992 dari Malaysia, bangkit kembali dengan mengalahkan Malaysia pada edisi berikutnya, dan kemudian memenangkan empat gelar berturut-turut.

Legenda ganda putra Merah Putih, Rexy Mainaky, yang bersama empat dari lima tim pemenang Piala Thomas, menceritakan kembali saat debutnya Piala Thomas pada tahun 1992, dan meraih kemenangannya yang paling emosional enam tahun kemudian.



Rexy menceritakan materi pemain hebat yang lengkap menjadi senjata pamungkas Indonesia yang menakutkan pada masa itu di tunggal dan ganda serta pelatih berkelas dunia. Di tunggal, Indonesia memiliki Ardy Bernandus Wiranata, Alan Budikusuma, Hariyanto Arbi, Joko Suprianto dan banyak lainnya. Pada tahun 2002, misalnya, Hendrawan memainkan tunggal ketiga untuk kami! Kemudian di ganda kami memiliki begitu banyak pemain bagus, seperti Rudy Gunawan, Eddy Hartono, Bambang Suprianto, Ricky Subagja, Candra Wijaya, Sigit Budiarto, dan lainnya.

Balas Kekalahan di Kuala Lumpur, 1992
Kami tahu Malaysia adalah tim yang kuat. China juga kuat, tetapi bahkan mereka tidak nyaman melawan Malaysia. Saat itu, orang Malaysia sangat fanatik dengan bulu tangkis. Stadium Negara sangat besar, namun dulu penuh sesak, tidak ada kursi kosong, terutama ketika Malaysia bertemu Indonesia di final.

Bagi saya, ini adalah pertama kalinya bermain di Piala Thomas. Saya bergabung dengan tim nasional pada tahun 1990, jadi itu kurang dari dua tahun. Saya bermain tanpa merasa tertekan, karena tidak ada ruginya.

Kami tahu bahwa di Kuala Lumpur, terutama di Stadium Negara, tidak ada yang bisa mengalahkan Rashid Sidek. Ardy (Wiranata, tunggal pertama) memiliki peluang yang sangat tipis untuk mendapatkan poin melawannya, tetapi Alan (Budikusuma, tunggal kedua) selalu mengalahkan Foo Kok Keong. Jika berlanjut ke pertandingan kelima, kami tahu Joko adalah favorit melawan Kwan Yoke Meng.



Setelah Ardy kalah dari Rashid, Rudy Gunawan dan Eddy Hartono membuat imbang setelah mereka memenangkan ganda pertama melawan Razif dan Jalani. Alan adalah favorit melawan Foo Kok Keong, tetapi pada hari itu, Kok Keong bermain luar biasa dan mengecewakan Alan. Ricky dan aku selalu kalah dari Cheah Soon Kit dan Soo Beng Kiang. Itu pertandingan yang dekat, tapi kami kalah. Itu mengecewakan, tetapi Malaysia pada masa itu sangat sulit, jadi saya tidak bisa mengatakan kami sangat terluka.

Kemenangan di Jakarta, 1994
Kami bermain di Jakarta dan kami mengalahkan Malaysia di final. Kami memenangkan tiga pertandingan pertama, jadi Ricky dan saya tidak bisa memainkan pertandingan keempat. Pasti itu adalah suasana yang luar biasa. Kami keluar dari dunia ini, karena saya selalu menonton Rudy (Hartono) atau Liem Swie King mengangkat Piala Thomas, dan kali ini saya mengangkat trofi. Saya tidak bisa menggambarkan perasaan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)