Cerita Kedigdayaan Bulu Tangkis Indonesia Kuasai Piala Thomas

Senin, 25 Mei 2020 - 07:50 WIB
loading...
A A A
Situasi Sulit, Hong Kong 1998 Indonesia memenangkan lima gelar Piala Thomas berturut-turut, dan saya bersama empat tim itu. Tetapi yang paling emosional adalah pada tahun 1998, ketika kami memenangkan gelar di Hong Kong.

Bukan hanya tentang apa yang terjadi di lapangan. Selama bulan Mei itu, ada banyak kerusuhan di Indonesia. Semua mahasiswa di universitas memprotes pemerintah, mereka ingin Presiden Soeharto mundur.

Ada beberapa kekerasan dan tentu saja, kami semua dalam tim gelisah. Sebenarnya, istri saya sedang mengandung anak kedua kami. Kami hampir memutuskan untuk tidak memainkan final Piala Thomas.

Namun, chef-de-mission kami, Agus Wirahadikusuma, yang memegang posisi senior di ketentaraan, meyakinkan kami bahwa kami harus menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang kuat. Dia meyakinkan kami bahwa keluarga kami akan aman. Dia mengambil semua alamat kami dan mengarahkan anak buahnya kembali ke rumah, mengenakan pakaian biasa, untuk memberikan keamanan bagi keluarga kami.

’’Kami Berjuang Seperti Neraka’’

Begitu dia menjamin itu, kami semua merasa damai dan berhenti khawatir. Kita semua bertempur sangat keras. Kami ingin menunjukkan kepada orang banyak dan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang kuat, dengan mental yang kuat, terlepas dari apa yang sedang dialami negara ini. Itu emosional bagi kita semua. Ketika kami naik ke podium untuk menerima trofi, kami membungkus bendera di badan kami dan kami menyanyikan lagu itu dengan keras, dan kami semua menangis.

Ketika kami meninggalkan Jakarta ke Hong Kong, kami sebenarnya diundang ke kantor Presiden Soeharto; ketika kami kembali beberapa minggu kemudian, BJ Habibie adalah presiden.

Situasi di Indonesia sudah tenang. Semua orang di Indonesia ada di belakang kami dan kami semua merasa seperti itu. Ketika kami kembali, kami berkeliling kota, dan semua orang bersorak untuk kami.
(aww)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)