Menpora Minta Timnas Indonesia Fokus di SEA Games 2021

loading...
Menpora Minta Timnas Indonesia Fokus di SEA Games 2021
Menpora Zainudin Amali meminta Timnas Indonesia untuk memersiapkan fokusnya dalam menghadapi SEA Games 2021 di Vietnam, November mendatang / Foto: Instagram Kemenpora
JAKARTA - Menpora Zainudin Amali meminta Timnas Indonesia untuk memersiapkan fokusnya dalam menghadapi SEA Games 2021 di Vietnam, November mendatang. Permintaan ini muncul berhubung kesempatan anak asuh Shin Tae-yong lolos ke tahap berikutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dipastikan gagal.

"Ini akhirnya kita gunakan untuk mempersiapkan atlet kita untuk berlaga di SEA Games. Oleh karena itu, maka yang dibawa adalah mereka yang rata-rata sesuai dengan usia SEA Games, cuma ada beberapa yang senior," jelas Menpora dikutip dari laman resmi Kemenpora, Rabu (9/6/2021).

BACA JUGA: Menyoal Wacana Penundaan SEA Games 2021, Ketum KOI: Kami Tidak Mau Mundur

Mimpi Timnas Indonesia tampil di Piala Dunia 2022 tertunda, setelah Evan Dimas dkk hanya mampu memetik satu poin dari tujuh pertandingan yang dijalaninya. Pada laga ketujuh melawan Vietnam, tim Garuda dipermak dengan skor 0-4.



Menurut Menpora , pengalaman bertanding pemain timnas yang berlaga melawan Vietnam tersebut belum banyak. Hanya beberapa nama saja yang sudah berpengalaman berlaga melawan Vietnam seperti Evan Dimas dan Osvaldo Haay.

"Tetapi kebanyakan mereka ini kan diambil dari yang dipersiapkan untuk U-19 yang tertunda 2021," ujar Menpora.

BACA JUGA: Indonesia Ingin SEA Games 2021 Tetap Digelar Sesuai Jadwal

Menpora sendiri telah berdiskusi dengan PSSI dan meminta agar memaksimalkan ajang untuk uji coba timnas yang akan dipersiapkan ke SEA Games. "Sehingga kalau kita lihat dari timnya Vietnam, itu adalah tim yang kemarin main di SEA Games 2019, masih ada saya lihat."

Meski demikian, Menpora tak menampik masih banyak hal yang harus dipenuhi oleh pelatih timnas, Shin Tae-yong terutama di tingkat koordinasi antara pemain. "Tapi bagi saya karena kita sudah tidak ada harapan untuk ke Piala Dunia, sudah tertutup. Maka kita maksimalkan mempersiapkan mereka untuk di SEA Games," harapnya.

Pada saat SEA Games nanti, bisa saja timnas akan bertemu kembali dengan Vietnam. Namun dipastikan dengan susunan pemain yang berbeda. Karena rata-rata pemain Vietnam yang berlaga pada kualifikasi Piala Dunia 2021 ini adalah pemain senior.



"Bisa jadi dalam regulasinya, banyak yang sudah tidak bisa ikut kan kalau tidak salah tiga pemain senior yang diperkenankan. Oleh karena itu saya tetap menaruh harapan pertama kepada pelatih Shin Tae-yong karena banyak hal yang dibuat dan menjadi improve dari tim kita."

Menpora juga berharap kepada para pemain timnas yang akan berkomeptisi di Liga 1 dan Liga 2 agar menjadikan ajang tersebut untuk pematangan. "Harapan saya setelah kembali ke klub masing-masing mereka tetap memegang apa yang mereka sudah dapat kan saat di timnas. Misalnya kedisiplinan, soal makan, soal latihan dan sebagainya. Jangan sampai begitu kembali ke klub berbeda lagi akan susah buat Sin Tae Yong membangun tim ini," pungkasnya.
(yov)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top