Libas Makedonia Utara, Belanda Catat Hasil Sempurna di Grup C

Selasa, 22 Juni 2021 - 00:58 WIB
loading...
Libas Makedonia Utara, Belanda Catat Hasil Sempurna di Grup C
Belanda membukukan hasil sempurna di Grup C Piala Eropa 2020. De Oranje mendulang sembilan poin setelah memenangi laga penutup kontra Makedonia Utara. Foto: reuters
A A A
AMSTERDAM - Belanda membukukan hasil sempurna di Grup C Piala Eropa 2020 . De Oranje mendulang sembilan poin setelah memenangi laga penutup kontra Makedonia Utara dengan skor 3-0 di Johan Cruijff ArenA, Senin (21/6/2021).

Walau sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, Belanda tetap tampil galak. Armada Frank De Boer masih mengincar kemenangan. Itu dibuktikan lewat gol Memphis Depay (24) serta brace Georginio Wijnaldum (51 dan 58).



Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bermain di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda sudah unggul sejak laga baru berjalan 24 menit. Gol yang diciptakan Belanda itu berawal dari permainan apik antara Memphis Depay dengan Donyell Malen.

Berawal dari tekel Blind kepada Pandev, Belanda dengan cepat memainkan serangan balik. Bola yang awalnya dikuasai Gravenberch langsung diumpankan kepada Malen dan penyerang tersebut mulai melakukan serangan bersama Depay.

Umpan satu dua dilakukan Depay dengan Malen hingga memasuki penalti. Malen menjadi orang yang mengumpan terakhir kepada Depay dan pemain yang baru bergabung dengan Barcelona itu langsung dengan mudahnya memasukkan bola ke sudut kanan gawang Makedonia Utara.

Wasit sebelumnya sempat mengecek apakah tekel Blind kepada Pandev merupakan pelanggaran atau tidak melalui VAR. Setelah dicek Blind tak melakukan pelanggaran, sehingga gol Depay itu sah dan Belanda pun unggul.

Usai unggul 1-0, Belanda masih terus menekan Makedonia Utara. Tim tamu sebenarnya beberapa kali sempat memilki peluang, namun tak ada satu pun tembakan yang mengarah ke gawang Belanda. Babak pertama pun berakhir, Belanda sementara unggul 1-0 atas Makedonia Utara.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Belanda dengan cepat langsung mampu menggandakan keunggulan mereka. Tepatnya di menit 51 Giorginio Wijnaldum berlangsung mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari umpan terobosan ciamik dari Berghuis yang tepat mengarah ke kaki Depay, dengan cepat striker Belanda itu masuk ke kotak penalti Makedonia Utara. Depay lantas tak langsung melakukan tembakan, ia memilih mengumpan kepada Wijnaldum yang berlari tanpa kawalan di mulut gawang Makedonia Utara tersebut dan gol pun tercipta.

Makedonia pun sempat membuat kiper Belanda, Stekelenburg melakukan penyelamatan gemilang di menit 56 melalui tendangan bebas yang dieksekusi Bardhi. Setelahnya beberapa kali Makedonia kembali menekan Belanda.

Kendati begitu, Belanda justru yang berhasil mencetak gol. Gol ketiga Belanda itu pun lagi-lagi dicetak Wijnaldum,

Skenarionya hampir sama seperti gol Wijnaldum sebelumnya. Bedanya kali ini Depay melepaskan tendangan ke gawang Makedonia Utara. Bola tendangan Depay awalnya sempat ditepis oleh kiper Makedonia Utara, yakni Dimitrievski.

Akan tetapi, bola justru terpental ke arah Wijnaldum yang lagi-lagi berdiri bebas tanpa kawalan di area kotak penalti Makedonia Utara. Skor pun menjadi 3-0 untuk keunggulan Belanda.

Pada menit 73, Makedonia Utara sempat menggetarkan gawang Belanda. Namun, aksi Chrulinov itu ternyata tidak sah karena dalam proses terciptanya gol itu, dia sudah berada di posisi offside.

Jual beli serangan pun tercipta di sisa-sisa pertandingan antara Makedonia Utara vs Belanda tersebut. Namun, pada akhirnya skor tak berubah, Belanda memastikan diri menang 3-0 atas Makedonia Utara.



Susunan Pemain:

Makedonia Utara (4-2-3-1):

Dimitrievski; Ristovski, Velkovski, Musliu, Alioski; Bardi, Ademi; Trickovski, Elmas, Trajkovski; Pandev.

Pelatih: Igor Angelovski.

Belanda (3-5-2):

Stekelenburg; Dumfries, De Virj, De Ligt, Blind, Van Aanholt; De Jong, Wijnaldum, Gravenberch; Depay, Malen.

Pelatih: Frank de Boer
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)