Denmark Patahkan Prediksi, Lolos ke Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

Selasa, 22 Juni 2021 - 03:56 WIB
loading...
Denmark Patahkan Prediksi, Lolos ke Babak 16 Besar Piala Eropa 2020
Denmark tanpa diduga berhasil mengamankan tempat di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Tim Dinamit menjadi runner-up Grup B setelah menggasak Rusia 4-1. Foto: reuters
A A A
KOPENHAGEN - Denmark tanpa diduga berhasil mengamankan tempat di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Tim Dinamit menjadi runner-up Grup B setelah menggasak Rusia 4-1 pada laga penutup di Parken Stadium, Copenhagen, Selasa (22/6/2021)

Dermark mematahkan prediksi dengan menemani Belgia ke fase selanjutnya berkat gol Mikkel Damsgaard (38), Yussuf Poulsen (59), Andreas Christensen (79) dan Joakim Maehle (82) yang hanya dibalas penalti Artem Dzyuba (70).

Itu menjadi kemenangan pertama Denmark di Piala Eropa 2020 setelah menelan dua kekalahan beruntun. Itu sekaligus berujung tiket ke babak selanjutnya. Sebab, disaat yang sama Finlandia dikalahkan Belgia.

Poin mereka sama seperti Rusia dan Finlandia, tetapi selisih gol yang lebih baik membuat Denmark yang berhak lolos.



Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pada awal pertandingan, Denmark mampu mengendalikan laga. Mereka bahkan nyaris memimpin pada menit kelima. Namun, tembakan Joakim Maehle masih melambung.

Meski begitu, Rusia segera beradaptasi dengan permainan Denmark. Hal itu membuat Rusia yang kini memegang kendali. Tetapi, mereka masih kesulitan dalam memaksimalkan peluang.

Seperti pada menit-18, Rusia nyaris saja mengambil keunggulan. Aleksandr Golovin menembus pusat pertahanan Denmark dan melepas tendangan. Namun, upayanya bisa dihentikan kiper Denmark, Kasper Schmeichel.

Walau terus diserang, penggawa Denmark tidak panik. Mereka tetap tenang dan mendapat peluang pada menit ke-29. Sayang, tembakan keras Pierre-Emile Hojbjerg masih melambung.

Akhirnya Denmark berhasil unggul pada menit ke-38. Adalah Mikkel Damsgaard yang mencetak gol. mendapat umpan dari Hojbjerg, Damsgaard langsung melepas tembakan first-time ke gawang Rusia.

Kejadian tersebut membangkitkan semangat Denmark. Mereka nyaris menggandakan keunggulannya pada menit ke-41. Sayang, tandukan Jannik Vestergaard masih melebar, dan skor bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Saat paruh kedua dimulai, Denmark kembali melancarkan serangannya. Mereka berupaya untuk menekan Rusia, namun pihak lawan mampu menutup celah dengan baik.

Denmark akhirnya berhasil menggandakan keunggulannya pada menit ke-59. Yussuf Poulsen berhasil menjebol gawang Rusia, usai menyambar bola liar dengan tendangannya.

Petaka bagi Denmark datang pada menit ke-68. Jannik Vestergaard menarik pemain Rusia, Aleksandr Sobolev di dalam kotak penaltinya. Hal itu membuat wasit menunjuk titik putih.

Eksekutor Rusia, Artem Dzyuba pun sukses melaksanakan tugasnya dengan baik pada menit ke-70. Tembakannya menuju pojok kiri gawang, sementara Schmeichel menuju arah sebaliknya.

Meski begitu, Denmark bisa segera bangkit. Mereka lalu menambah keunggulannya pada menit ke-79. Andreas Christensen yang berhasil mencetak gol dengan tembakan dari luar kotak penalti.

Tak puas sampai di situ, Denmark memperlebar jarak di menit ke-82. Kali ini, Joakim Maehle yang menggetarkan gawang Rusia, lewat tendangan kerasnya. Skor bertahan hingga laga berakhir.



Susunan Pemain

Rusia (4-2-3-1)

Matvei Safonov; Igor Diveev, Fyodor Kudryashov, Georgi Dzhikiya; Mario Fernandes, Magomed Ozdoyev, Roman Zobnin, Aleksandr Golovin, Daler Kuzyayev; Aleksei Miranchuk; Artem Dzyuba

Pelatih: Stanislav Cherchesov

Denmark (3-4-3)

Kasper Schmeichel; Simon Kjaer, Jannik Vestergaard, Andreas Christensen; Daniel Wass, Pierre-Emile Hojbjerg, Thomas Delaney, Joakim Maehle; Yussuf Poulsen, Mikkel Damsgaard, Martin Braithwaite

Pelatih: Kasper Hjulmand
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0867 seconds (0.1#10.140)