7 Atlet Indonesia Peraih Medali Emas Olimpiade

Jum'at, 23 Juli 2021 - 06:05 WIB
loading...
A A A
Rexy dan Ricky berhasil meraih emas pada Olimpiade Atlanta 1996 pada nomor ganda putra cabor bulutangkis. Keduanya berhasil mengalahkan wakil Malaysia, Cheah Soon Kit dan Yap Kim Hock dengan skor 5-15, 15-13, 15-12. Bermain tiga gim, pertandingan tersebut berlangsung seru dan sulit bagi kedua pasangan.

4. Tony Gunawan dan Candra Wijaya

Dua atlet yang bermain di nomor ganda putra cabor bulu tangkis ini berhasil meraih medali emas di Olimpiade Sydney 2000. Di partai final, pasangan Tony/Candra berhasil melumat ganda Korea Selatan, Lee Dong Soo dan Yoo Yong Sung dengan pertarungan sengit tiga gim. Padahal, keduanya merupakan pasangan ‘gado-gado’ yang baru dipasangkan. Namun karena ramuan dan tangan dingin pelatih Herry IP, mereka berhasil melanjutkan tradisi juara di Olimpiade.

5. Taufik Hidayat

Taufik merupakan atlet peraih medali emas pada Olimpiade Athena 2004. Ketika itu, pria yang turun di nomor tunggal putra ini berhasil melibas pebulu tangkis Korea Selatan, Shon Sheung-Mo. Sebelum berhasil ikut serta di Olimpiade, Taufik sempat menemui jalan terjal. Ketika itu, dia nyaris tidak lolos kualifikasi ke Olimpiade. Namun, atlet asal Bandung ini sama sekali tak patah arang dan bertekad ingin terus melangkah ke Olimpiade.

6. Hendra Setiawan dan Markis Kido

Hendra dan Kido kembali menorehkan sejarah dengan keberhasilannya meraih medali emas di Olimpiade Beijing 2008. Pasangan ganda putra kebanggaan Indonesia itu harus menghadapi pasangan China, Chai Yun/Fu Haifeng dengan pertandingan tiga gim. Kemenangan itu menjadi momen haru tak hanya bagi keduanya, tapi juga bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena, medali emas diraih tepat sehari sebelum ulang tahun Indonesia.

7. Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad

Pasangan ganda campuran ini kembali merebut medali emas pada Olimpiade Rio 2016, setelah pada Olimpiade sebelumnya Indonesia pulang tanpa satu medali. Di partai puncak, keduanya harus berhadapan dengan unggulan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Bermain menyerang sejak awal, Butet (sapaan akrab Liliyana) dan Tontowi berhasil menang dua gim langsung.
(mirz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)