Breaking News: Rahmat Erwin Abdullah Sabet Medali Perunggu untuk Indonesia

Rabu, 28 Juli 2021 - 19:56 WIB
loading...
Breaking News: Rahmat Erwin Abdullah Sabet Medali Perunggu untuk Indonesia
Rahmat Erwin Abdullah Sabet Medali Perunggu untuk Indonesia. Foto: Reuters
A A A
TOKYO - Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah , berhasil menambah koleksi medali Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Ia merebut perunggu setelah mengangkat total angkatan 342 kg.

Kepastian Rahmat merebut medali perunggu di nomor 73 kg putra tidak lepas dari berakhirnya Grup A yang berlangsung di International Forum pada Rabu (28/7/2021) malam WIB. Setelah sembilan lifter di Grup A menyelesaikan laganya posisi Rahmat di urutan ketiga ternyata tidak tergeser.



Medali emas sendiri telah dipastikan lifter asal China yakni Zhiyong Shi. Shi mencatatkan total angkatan 364 kg. Sedangkan medali perak menjadi milik lifter asal Venezuela, Mayora Pernia Julio Ruben dengan total angkatan 346 kg.

Hasil ini terbilang mengejutkan mengingat Rahmat datang dari Grup B. Bahkan hanya dua lifter dari Grup A yang mampu menggeser catatan angka milik Rahmat.

Pesaing Rahmat pun di Grup A cukup banyak. Tapi, terdekat ada lifter asal Albania yakni Briken Calja yang ada di urutan keempat dengan total angkatan 341 kg. Itu berarti ia hanya kalah 1 kg dari Rahmat yang akhirnya menduduki urutan ketiga.

Rahmat sendiri tampil luar biasa di Grup B dengan angkatan snatch 152 kg dan clean and jerk 190 kg. Bahkan angka clean and jerk tersebut menjadi prestasi tersendiri karena mencatatkan rekor dari Grup B.

Rahmat sebenarnya tampil tanpa ada hambatan sama sekali saat melakukan aksinya siang tadi. Pada angkatan snatch, Rahmat sanggup mengangkat percobaan pertamanya di angkatan 142 kg. Lalu di percobaan kedua yang dinaikan menjadi 147 pun ia sukses melahapnya.

Terakhir di percobaan ketiga Rahmat sanggup mengangkat beban 152 kg. Hasil positif pun kembali diraih Rahmat di angkatan clean and jerk.

Rahmat sukses mengangkat 180 kg di percobaan, namun ia sempat gagal mengangkat 190 kg di percobaan kedua. Untungnya di percobaan ketiga, Rahmat sanggup mengangkat berat 190 kg dengan baik.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)