Lagu Kebangsaan Dilarang, Mengapa Rusia Disebut ROC di Olimpiade Tokyo 2020?

loading...
Lagu Kebangsaan Dilarang, Mengapa Rusia Disebut ROC di Olimpiade Tokyo 2020?
Presentasi seragam tim Olimpiade Rusia yang dirancang untuk atlet nasional yang bersaing di Olimpiade Tokyo 2020/Foto/Reuters
TOKYO - Atlet asal Rusia tak dibolehkan mengenakan kostum dengan nama negaranya pada Olimpiade Tokyo 2020 . Di semua cabang olahraga yang diikuti atlet Rusia, terulis ROC bukan Rusia sebagaimana atlet negara lain.

Rusia, atau Federasi Rusia, merupakan nama resmi negara Negeri Beruang Merah itu. Di Olimpiade Rio 2016, Rusia menempati peringkat 4 dengan raihan 56 medali. Namun pada Olimpiade Tokyo 2020, negara tersebut tidak boleh menggunakan nama, bendera, atau lagu kebangsaan mereka.

Baca juga: Ahsan/Hendra Lolos ke Semifinal Olimpiade Tokyo 2020

Rusia akan disebut ROC selama bertanding di Olimpiade Tokyo 2020. ROC merupakan akronim dari Russian Olympic Committee atau Komite Olimpiade Rusia. Mereka menggunakan nama ROC karena Rusia dikenai sanksi oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) setelah dituduh menjalankan program doping yang didukung negara.



Pada tahun 2020, CAS menjatuhkan sanksi kepada Rusia karena beberapa pelanggaran doping. CAS melarangnya dari semua acara olahraga besar selama dua tahun (pengurangan dari larangan empat tahun yang ditetapkan pada tahun 2019 oleh Badan Anti-Doping Dunia).

Baca juga: Tekanan Besar Jadi Penyebab Marcus/Kevin Gagal di Olimpiade Tokyo 2020

Namun, atlet Rusia masih diizinkan untuk bersaing di kompetisi internasional tetapi mereka harus melakukannya di bawah bendera netral.

Lalu, simbol, warna, nama, dan lagu apa yang dapat mereka gunakan di Olimpiade Tokyo 2020?

Karena putusan itu, atlet Rusia di bawah nama ROC di Olimpiade Tokyo 2020 dan di Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing. Sedangkan untuk bendera, negara akan menggunakan simbol ROC yang terdiri dari api Olimpiade berwarna garis putih, biru, dan merah dari bendera nasional di atas lima cincin Olimpiade.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top