China Tuduh Media Barat Sengaja Pasang Foto Jelek Lifter Hou Zhihui

loading...
China Tuduh Media Barat Sengaja Pasang Foto Jelek Lifter Hou Zhihui
Lifter asal China, Hou Zhihui, saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Foto: Reuters / Edgard Garrido
TOKYO - Olimpiade Tokyo 2020 melahirkan banyak cerita menarik di luar lapangan. Salah satunya Kedutaan Besar China di Sri Lanka yang mempermasalahkan foto atletnya yang dianggap jelek.

Dalam sebuah postingan di Twitter, Kedutaan Besar China di Sri Lanka menyoroti foto lifter Hou Zhihui hasil jepretan Reuters ketika merebut medali emas dari cabang angkat besi 49kg. Mereka menilai pemilihan foto yang dilakukan Reuters tidak adil cenderung rasis.

Kedutaan Besar China di Sri Lanka membandingkan Hou Zhihui dengan atlet berkulit putih lain yang sama-sama tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Dalam foto yang diunggah, wajah Hou Zhihui terlihat sedang menahan beban berat. Sedangkan foto-foto yang menjadi pembanding memperlihatkan wajah-wajah tersenyum.

Baca Juga: Pesenam AS Simone Biles Mundur dari Nomor Vault dan Palang Bertingkat



"Hari yang sama, Olimpiade yang sama, Reuters yang sama, wajah yang berbeda. Mungkin karena segala sesuatu yang baik dalam hidup menjadi lebih mudah untuk orang kulit putih Barat," tulis Kedutaan Besar China di Sri Lanka.

Surat kabar yang dikelola pemerintah China, Global Times, juga menerbitkan artikel soal sentimen serupa. Surat kabar itu menuduh media Barat secara tidak adil memposisikan China dalam liputan Olimpiade mereka.

Sekadar informasi, Hou Zhihui, 24 tahun, merebut medali emas sekaligus memecahkan rekor untuk angkatan snatch dan clean-and-jerk pada Sabtu (24/7/2021) lalu. Medali perak direbut lifter India, Chanu Mirabai, sedangkan perunggu diraih atlet Indonesia, Windy Cantika Aisah .

(sto)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top