Lampu Lalu Lintas di Pitstop Biang Kerok Kecelakaan Raikkonen dan Mazepin

Kamis, 05 Agustus 2021 - 04:05 WIB
loading...
Lampu Lalu Lintas di Pitstop Biang Kerok Kecelakaan Raikkonen dan Mazepin
Kepala Teknisi Trackside Alfa Romeo, Xevi Pujolar menjelaskan penyebab insiden tabrakan antara pembalapnya, Kimi Raikkonen dan Nikita Mazepin (Haas)./ Foto: Formula1
A A A
BUDAPEST - Kepala Teknisi Trackside Alfa Romeo, Xevi Pujolar menjelaskan penyebab insiden tabrakan antara pembalapnya, Kimi Raikkonen dan Nikita Mazepin (Haas). Dia mengklaim lampu lalu lintas di pitstop yang bermasalah adalah biang keladinya.

Insiden tersebut terjadi di pitstop saat balapan F1 GP Hungaria 2021 berlangsung. Saat itu, Raikkonen terlihat memotong laju Mazepin sehingga menabraknya di bagian kanan mobil. Akibatnya, mobil Mazepin rusak parah dan terpaksa tidak bisa melanjutkan balapan.

BACA JUGA: Hamilton Bakal Gunakan Ban Lunak di Formula 1 GP Hungaria

Melihat insiden tersebut, pihak F1 menyelidiki penyebab kecelakaan dan memutuskan Raikkonen dihukum penalti waktu selama 10 detik. Hal tersebut membuat pembalap berusia 41 tahun tersebut turun posisi dari kedelapan menjadi kesepuluh.

"Dengan Kimi ( Raikkonen ), melakukan pitstop ketika semua orang datang pada saat yang sama, kami memiliki masalah dengan sistem lampu lalu lintas kami yang berarti itu tidak berfungsi dengan baik," jelas Pujolar dilansir dari Motorsport Internasional, Rabu (4/8/2021).

"Dia ( Kimi Raikkonen ) pergi ketika (Nikita) Mazepin masuk, sayangnya. Itu hanya terlihat seperti hijau, merah, hijau, dan kemudian baginya itu hijau, tetapi seharusnya tetap merah. Jadi sistem kami tidak berfungsi dengan baik,” tambahnya.

BACA JUGA: Valentino Rossi Beberkan Persiapan Jelang GP Styria

Sementara itu, Raikkonen mengatakan insiden tersebut menjadi titik buruk bagi balapannya saat itu. Ia menjelaskan kecelakaan tersebut menjadi penyebab tim Alfa Romeo kehilangan poin berharga di F1 GP Hungaria 2021.

“Kami baik-baik saja sampai start kedua ketika kami masuk pit, dan saya dilepaskan dan saya menabrak mobil lain, dan saya dihukum karena itu,” ujar Raikkonen.

“Dari titik itu, balapan kami selesai. Sayang sekali, kami berada di posisi bagus untuk mencetak poin bagus,” tambahnya.

Di samping itu semua, Alfa Romeo semakin rugi kala pembalap lainnya, Antonio Giovinnazi mendapatkan penalti waktu 10 detik karena mengebut di pitlane. Akibatnya, Alfa Romeo mendapatkan kerugian yang sangat besar di F1 GP Hungaria 2021.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)