Valentino Rossi : Ada yang Aneh di MotoGP 2020

Jum'at, 29 Mei 2020 - 16:03 WIB
loading...
Valentino Rossi : Ada yang Aneh di MotoGP 2020
Valentino Rossi merasa ada yang aneh di MotoGP 2020 setelah banyak aturan ketat diberlakukan terkait pandemi virus corona. Foto : Crash
A A A
TAVULLIA - Valentino Rossi mengaku dirinya tak membayangkan kalau harus berada dalam kondisi di mana ia berlaga tanpa pendukung. Balapan tanpa penonton dan jumlah orang dibatasi di paddock jadi syarat utama MotoGP 2020 digelar di tengah pandemi virus corona.

Bukan hanya itu, Rossi pun merasa aneh kalau harus beraksi pada dua balapan di trek yang sama. Ini adalah momen pertama dialami The Doctor setelah berakarier 24 tahun.

"Yang pasti tanpa balap kehidupan banyak berubah. Ini perasaan yang sangat tidak biasa karena dari sejak 1996 saya kehilangan MotoGP," kata Rossi kepada situs resmi MotoGP, Jumat (29/5/2020).

"Musim ini akan menjadi istimewa, karena pertama-tama, ini lebih atau kurang dari setengah jumlah balapan. Tetapi perbedaan terbesar bagi saya adalah memiliki dua balapan berturut-turut di sirkuit yang sama. Ini akan aneh," lanjutnya.

"Kami juga akan memiliki banyak batasan, tidak ada orang di paddock dan terutama tidak ada penggemar di trek. Itu akan seperti balap ketika sirkuit ditutup. Pasti tidak akan sama, tetapi balap sangat penting bagi semua orang , pembalap, semua orang di paddock, semua tim. Jadi akan sangat penting untuk memulai kembali," paparnya.

Sebuah proposal, saat ini sedang menunggu persetujuan Pemerintah Spanyol, telah dibuat untuk memulai musim dengan dua balapan di Jerez pada 19 dan 24 Juli. Pada saat itu, Rossi mungkin akan telah membuat keputusan tentang masa depan balapnya, untuk beralih ke Petronas Yamaha musim depan.

Pembalap berusia 41 tahun itu berharap untuk menguji kecepatannya dalam balapan sebelum memutuskan pada 2021. Sialnya wabah virus corona Rossi tak bisa melanjutkan tes musim dingin. Dan sepanjang tes sebelumnya, Rossi berada di peringkat kelima (+ 0,192) dan kedua belas (0,474) masing-masing di Sepang dan Losail, saat bekerja dengan kepala kru baru David Munoz dan YZR-M1 terbaru.

"Pada paruh kedua tahun lalu, hasil saya tidak seperti yang kami harapkan. Kami harus lebih kuat dan lebih cepat, dan sepertinya kami kehilangan sedikit daya saing dan merasakannya sebagai motor pada umumnya," kata Rossi.

"Tapi saya pikir dengan beberapa orang baru di garasi, dengan kepala mekanik yang baru, kita perlu menemukan cara untuk kembali dan mencoba untuk menjadi kompetitif. Ini adalah targetnya."

"Tes musim dingin tidak begitu buruk. Saya cukup senang. Sepertinya dari akhir musim lalu di Yamaha mengubah banyak hal di sisi teknis. Motor baru lebih baik, sedikit lebih cepat dan memiliki kekuatan lebih. Jadi sepertinya Yamaha sekarang bekerja keras dan saya pikir jika Yamaha bekerja 100%, mereka dapat membuat motor untuk menang."

"Saya pikir Yamaha memiliki pembalap hebat, karena selain saya, mereka memiliki tiga pembalap muda yang saat ini sangat kuat. Fabio Quartararo melakukan musim rookie yang mengesankan, tetapi juga Maverick Vinales dalam kondisi sangat baik dan Franco sangat cepat. Itu selalu menarik dan menantang bagi saya untuk bertarung dengan mereka, dengan motor yang sama. Target saya adalah menjadi lebih kompetitif daripada tahun lalu dan berjuang untuk podium."
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)