Ellyas Pical, Pahlawan Olahraga Indonesia dari Gelanggang Tinju

Minggu, 15 Agustus 2021 - 16:00 WIB
loading...
Ellyas Pical, Pahlawan Olahraga Indonesia dari Gelanggang Tinju
Ellyas Pical, Pahlawan Olahraga Indonesia dari Gelanggang Tinju. Foto: Dok
A A A
JAKARTA - Indonesiamemiliki petinju bernama EllyasPical yang mungkin akan sulit dilupakan begitu saja namanya. Sebab pria kelahiran Ullath, Maluku Tengah itu adalah petinju pertama asal Indonesia yang berhasil menjadi juara dunia.

Tepatnya EllyasPicalmenjadi juara dunia IBF kelas bantam Yunior (kelas super terbang) pada 3 Mei 1985. Pada saat itu, EllyasPicalsanggup mengalahkan petinju asal Korea Selatan, yakni Chun Ju-do dengan TKO di ronde kedelapan.



Berkat kemampuan EllyasPicalyang sanggup mengalahkan Chun Ju-do pada pertarungan perebutan sabuk juara dunia IBF kelas super terbang itu, yang mana berlangsung di Stadion Bung Karno, Indonesia pun berhasil memiliki petinju yang merasakan gelar juara dunia.

Tentunya perjuangan yang berat telah dilalui EllyasPicaluntuk bisa mencapai titik di mana ia berstatus juara dunia IBF kelas super terbang tersebut. Sebab seperti yang diketahui, menjadi seorang petinju ternyata adalah profesi yang awalnya tak disetujui oleh orang tua EllyasPical.

EllyasPicalkecil dulunya adalah seorang anak yang banyak menghabiskan waktu mencari Mutiara di laut Maluku. Gara-gara kegiatan kecilnya itu, Ellyas Pikal pun menderita kelainan pada pendengarannya karena menyelam tanpa menggunakan alat bantu.

Dalam kegiatannya mencari Mutiara, Ellyas Pikal pun sering menyaksikan pertandingan tinju di layar televisi dan pada saat itu ia sangat mengidolakan Muhammad Ali . Berawal dari sana, Ellyas Pical memiliki tekad untuk menjadi petinju.

Sayangnya, niat Ellyas Pical menjadi petinju profesional sempat mendapatkan respons yang kurang baik dari orang tuanya. Kendati begitu, Ellyas Pical tak menyerah begitu saja dan tetap berlatih tinju pada usia 13 tahun meski harus diam-diam agar tidak ketahuan kedua orang tuanya.

Sejak saat itulah, Ellyas Pical mulai terlihat menunjukkan memiliki bakal di dunia tinju, Ia sukses menjuarai berbagai kompetisi di kelas terbang, baik dari tingkat kabupatan sampai Piala Presiden.

Karier profesional Ellyas Pical dimulai pada 1982, di mana pada saat itu ia menghadapi sesama petinju Indonesia, yakni Eddy Rafael. Pada saat itu, Ellyas Pical keluar sebagai pemenang di ronde keempat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3141 seconds (0.1#10.140)