Spence Cedera Retina Nekat Lawan Pacquiao, Dokter: Matanya Bisa Buta!

Selasa, 17 Agustus 2021 - 09:12 WIB
loading...
Spence Cedera Retina Nekat Lawan Pacquiao, Dokter: Matanya Bisa Buta!
Spence Cedera Retina Nekat Lawan Pacquiao, Dokter: Matanya Bisa Buta!/The Sun
A A A
Errol Spence Jr cedera retina nekat melawan Manny Pacquiao bisa mengancam matanya menyebabkan kebutaan. Spence Jr pun menyatakan kekecewaannya ketika akhirnya gagal melawan Pacquiao dalam duel unifikasi Kelas Welter pada 21 Agustus.

Namun, seharusnya juga ada perasaan lega, karena cedera retinanya terdeteksi sebelumnya mungkin bisa melanjutkan kariernya. Selama pemeriksaan medis pra-pertarungan, dokter dengan Komisi Atletik Negara Bagian Nevada menemukan robekan tersebut dan merekomendasikan operasi darurat. Spence terbang pulang ke Dallas dan menjalani operasi dua hari kemudian.

’’Saya memberi tahu dokter agar saya bertarung dalam pertarungan ini dan saya akan menjalani operasi segera setelahnya. Dokter tidak (memiliki) itu,’’kata Spence.



Sesuai peraturan NSAC, para petarung yang ingin berkompetisi di Nevada harus menyerahkan ujian oftalmologis dilatasi yang dikeluarkan oleh dokter mata berlisensi. Ujian ini harus dilakukan lebih dari 24 jam sebelum pertarungan dan berlaku selama satu tahun kalender.

Ini mungkin terdengar seperti tidak perlu memikirkan komisi olahraga. Tetapi dalam daftar persyaratan medis negara bagian yang disusun oleh Asosiasi Komisi Tinju dan Olahraga Tarung, ada sejumlah komisi negara bagian yang tidak memerlukan pemeriksaan mata dalam bentuk apa pun atau tidak menawarkan konfirmasi bahwa mereka melakukannya.

Itu berarti jika Pacquiao vs Spence dipentaskan di negara bagian yang berbeda, atau jika Spence telah menyelesaikan pemeriksaan mata dalam satu tahun kalender tetapi mengalami robekan sejak tes, pertarungan akan terjadi, menempatkan Spence dalam bahaya serius.

’’Retina adalah membran yang diisi dengan sel-sel penginderaan cahaya di bagian belakang mata. Ini bertindak seperti film di kamera untuk menangkap cahaya dan mengirimkannya ke otak. Jika seseorang dipukul cukup keras, atau kepalanya berputar cukup cepat, itu (retina) bisa terlepas dari dinding mata,” kata Dr. Jonathan Gelber, anggota Association of Ringside Physicians dan penulis buku Tiger Woods's Back and Tommy John's Elbow: Cedera dan Tragedi yang Mengubah Karier, Olahraga, dan Masyarakat.

’’Tidak diobati dapat menyebabkan konsekuensi yang parah, bahkan kebutaan. Pertimbangkan Michael Bisping di MMA. Dia menderita retina yang terlepas dalam pertarungannya melawan Vitor Belfort dan bertarung lagi tiga bulan kemudian. Akhirnya dia menjadi buta matanya dan mengatakan dia diam-diam bertarung dengan kaca mata selama bertahun-tahun.”

Gelber berspekulasi bahwa setelah operasinya, Spence akan dibebaskan dari kegiatan sehari-hari dalam beberapa minggu. Tetapi dalam hal kembali ke olahraga kontak fisik, kemungkinan periode pemulihan adalah beberapa bulan. Asalkan seorang dokter menjamin untuk pertarungan sekali lagi, dia akan dapat kembali sepenuhnya.



Seperti yang ditunjukkan Gelber, prognosis semacam ini tidak terpikirkan 40 tahun yang lalu. ’’Sugar Ray Leonard mendengarkan dokternya dan menjalani operasi. Untungnya, retinanya tidak sepenuhnya terlepas, tetapi dia mulai melihat bintik-bintik dan kilatan cahaya, ”katanya. ’’Sebelum itu, itu dianggap sebagai cedera yang mengakhiri karier. Sugar Ray Leonard bertarung selama lima belas tahun lagi.”

Daftar petarung yang harus gantung sarung tinju karena cedera mata sangat panjang, bahkan setelah kemajuan dalam prosedur bedah optik. Petarung terkenal seperti Oscar Negrete, Nicola Adams, John Murray, Lee Purdy, Anthony Ogogo dan banyak lagi melihat karier mereka terputus dalam beberapa tahun terakhir karena cedera mulai dari retina yang terlepas hingga pupil robek.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)