Mengenal Jenis-Jenis Cedera: Momok bagi Atlet dan Masyarakat Pegiat Olahraga

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 18:05 WIB
loading...
Mengenal Jenis-Jenis Cedera: Momok bagi Atlet dan Masyarakat Pegiat Olahraga
Mengenal Jenis-Jenis Cedera: Momok bagi Atlet dan Masyarakat Pegiat Olahraga. Foto: inovanewsroom.org
A A A
JAKARTA - Cedera dalam olahraga bisa terjadi pada siapa saja; baik atlet maupun masyarakat biasa. Penanganan cedera ini harus cepat dan tepat guna meminimalisasi risiko jangka panjang.

Di antara yang cukup sering dijumpai adalah masalah otot. Peradangan otot maupun sendi akibat salah posisi, otot yang robek, ataupun dislokasi otot, tulang, dan sendi adalah beberapa jenis cedera yang umum terjadi saat berolahraga.


Kesalahan posisi bagian tubuh saat berolahraga, bersinggungan dengan sesama pemain, teknik bermain yang kurang tepat, dan penggunaan otot berlebihan dapat menyebabkan cedera di tangan dan bahu. Beberapa jenis olahraga yang dapat memicu cedera tangan dan bahu adalah golf, tenis, badminton, dan voli.

Penanganan cedera ini sedianya penting dilakukan secara cepat dan tepat. Hal ini seperti ditegaskan dr Iman Widya Aminata SpOT dari RS Pondok Indah .“Gunanya untuk meminimalkan risiko jangka panjang yang bisa timbul. Untuk itu, perlu dilakukan berbagai upaya diagnosis, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi medis modern, seperti CAT Scan atau MRI,” urainya dalam acara media gathering yang diadakan RS Pondok Indah Group.

Penegakan diagnosis ini, sambungnya, perlu dilakukan untuk mengetahui lokasi dan mengidentifikasi cedera yang terjadi dengan lebih akurat sebagai tahapan awal untuk menentukan langkah penanganan yang tepat selanjutnya.
Mengenal Jenis-Jenis Cedera: Momok bagi Atlet dan Masyarakat Pegiat Olahraga

Cedera bahu dapat terjadi di tulang maupun otot. Namun, struktur tulang yang lebih keras menyebabkan cedera paling sering terjadi di otot. Cedera bahu ringan dapat diatasi dengan melakukan peregangan dan memak simalkan kerja bahu melalui fisioterapi.

Adapun cedera akibat peradangan otot dapat diatasi dengan istirahat, penggunaan kompres es untuk meredakan nyeri, pemberian analgesik, serta terapi untuk membantu proses pemulihan bahu.

“Untuk cedera bahu dengan kondisi tertentu seperti robeknya otot atau dislokasi bahu, pasien memerlukan diagnosis dan penanganan yang lebih komprehensif,” kata dokter yang juga praktik di RS Pondok Indah-Bintaro Jaya ini.

Diagnosis dengan teknologi seperti CAT Scan dapat memberikan rekonstruksi tiga dimensi untuk memberikan gambaran yang lebih akurat mengenai permasalahan yang dialami.

Kapan Dilakukan Operasi?
Jika kondisinya sudah sangat serius, maka bisa jadi perlu dilakukan tindakan pembedahan. Masa pemulihan pascaoperasi membutuhkan waktu hingga lima bulan. Adapun yang meliputi masa proteksi, fase mobility untuk mengembalikan fleksibilitas bahu, fase untuk meningkatkan kekuatan bahu, dan yang terakhir adalah fase ketika pasien dapat kembali melakukan aktivitas olahraga seperti semula.

Dimulai dari latihan untuk noncontact sport, baru dilanjutkan dengan latihan untuk contact sport. Tidak hanya tangan dan bahu, kaki juga rentan terhadap cedera olahraga, terutama bagi para pemain sepak bola dan basket.

Cedera olahraga pada kaki dan pergelangan kaki yang umum terjadi, di antaranya adalah robeknya ligamen pergelangan kaki, cedera tendon achilles, dislokasi tendon peroneal, dan keluhan nyeri yang berhubungan dengan kondisi flatfoot atau kaki datar.

Sama halnya dengan cedera tangan dan bahu, penegakan diagnosis dengan memanfaatkan CT Scan, MRI, dan teknologi mutakhir lainnya juga diperlukan untuk memastikan jenis cedera dan tingkat keparahannya.

Pemeriksaan MRI dan CT scan merupakan tindakan noninvansive untuk mengetahui kondisi ligamen pergelangan kaki pasien dan melihat apakah ada cedera lainnya yang tidak terlihat saat menggunakan modalitas radiologi konvensional seperti x-ray .

“Pencitraan yang lebih baik akan dapat membantu untuk menentukan apakah memerlukan tindakan pembedahan atau cukup dengan tindakan konservatif seperti fisioterapi,” kata dr Dimas R Boedijono SpOT (K).
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)