Daftar 5 Atlet yang Sukses Menjadi Presiden dan Wakil Presiden

Minggu, 03 Oktober 2021 - 23:01 WIB
loading...
Daftar 5 Atlet yang Sukses Menjadi Presiden dan Wakil Presiden
Daftar 5 Atlet yang Sukses Menjadi Presiden dan Wakil Presiden. Foto: Kolase
A A A
JAKARTA - Keputusan legenda tinju kelas welter, Manny Pacquiao , ikut bursa calon presiden Filipina mencuri perhatian dunia. Pacquiao bukan atlet pertama yang terjun ke dunia politik- beberapa pendahulu bahkan terpilih menjadi presiden.

Akhir pekan ini Manny Paquiao resmi mendaftarkan dirinya sebagai kandidat calon presiden Filipina. Juara tinju delapan divisi menggandeng Lito Atienza sebagai calon wakilnya. Pasangan Pacquiao-Atienza bakal bertarung melawan Rodrigo Duterte , presiden petahana.



Beberapa atlet sebelum Paquiao sudah lebih dulu bersaing di panggung tertinggi politik di negara masing-masing. Salah satu yang cukup terkenal, mantan pesepak bola AC Milan, George Weah, yang sampai hari ini menjabat presiden Liberia.

Lantas, siapa saja atlet yang sukses dalam kontestasi politik tertinggi di negaranya? Berikut lima presiden (termasuk wakil presiden) yang mengawali kariernya dari dunia olahraga:

1. George Weah (Presiden Liberia)
Daftar 5 Atlet yang Sukses Menjadi Presiden dan Wakil Presiden

George Manneh Oppong Usman Weah, atau biasa dikenal George Weah, merupakan legenda AC Milan. Dia merupakan satu-satunya pesepak bola asal Afrika yang berhasil meraih trofi Ballon d'Or tepatnya saat berseragam Milan tahun 1995.

Setelah pensiun, Weah menjadi Duta Besar Niat Baik PBB (UN Goodwill Ambassador). Pada ESPY Awards 2004 di Kodak Theater, Los Angeles, Weah memenangkan Arthur Ashe Courage Award atas usaha kemanusiaannya. Pada tahun 2011, Weah sempat ikut dalam bursa capres namun gagal menang.

Pada 2017, Weah akhirnya memenangkan pemilu dan terpilih menjadi presiden Liberia menggantikan Ellen Johnson Sirleaf. Menurut undang-undang di Liberia, Weah akan memimpin negara hingga 2022 dan dapat mencalonkan diri kembali selama maksimal dua periode.

2. Idi Amin (Presiden Uganda)
Daftar 5 Atlet yang Sukses Menjadi Presiden dan Wakil Presiden

Idi Amin adalah seorang perwira militer di Uganda yang menjabat sebagai Presiden Uganda pada 25 Januari 1971- 13 April 1979. Sebelum terjun ke dunia politik sebagai orang nomor satu di negaranya, Amin merupakan petinju tersohor di kelas berat Uganda.

Sebelum menjabat presiden, karier militer Idi Amin memang lebih terkenal ketimbang jejaknya sebagai petinju. Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa Idi Amin memiliki kekuatan pukulan yang bikin lawan KO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)