Presiden Jokowi Ikut Main Bola Saat Opening Ceremony PON XX Papua 2021

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 21:00 WIB
loading...
Presiden Jokowi Ikut Main Bola Saat Opening Ceremony PON XX Papua 2021
Presiden Joko Widodo (kiri) bermain bola dengan sejumlah pengisi acara saat Upacara Pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
A A A
JAYAPURA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya cara unik merayakan pesta pembukaan PON XX Papua 2021 . Jokowi bermain bola bersama tiga orang anak Papua untuk menandai dibukanya pesta olahraga terbesar di Tanah Air.

Jokowi awalnya tidak bermaksud turun bermain sepak bola. Pada saat legenda sepak bola Papua, Jack Komboy, unjuk gigi bersama anak-anak di Stadion Lukas Embe, tiba-tiba muncul suara yang meminta Presiden Jokowi ikut bermain sepak bola.



Mendengar hal itu, Jokowi turun dari tempat duduk VVIP lalu ikut mengolah si kulit bundar bersama anak-anak Papua. Aksi spontan tersebut membuat seisi stadion bersorak kegirangan.

Jokowi menyebut bahwa gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) memiliki makna yang besar bagi bangsa Indonesia. Menurutnya PON tidak hanya ajang kompetisi olahraga saja tapi lebih dari itu.

“PON ini juga punya makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON ini adalah panggung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan,” katanya, Sabtu (2/10/2021)

Bahkan menurutnya PON juga menjadi panggung kesetaraan untuk maju dan sejahtera bersama.



“PON ini adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan bahwa Stadion Lukas Enembe yang begitu megah bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua.

“Konektivitas laut, konektivitas darat, konektivitas udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua serta pengembangan SDM Papua merupakan capaian-capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan ini,” lanjutnya.

Dia pun mengajak seluruh pihak untuk merayakan pelaksanaan PON dengan penuh suka cita. Dia pun mengajak semua pihak untuk yakin bahwa kemajuan Papua akan berjalan dengan cepat.

“Marilah kita rayakan PON ini dengan penuh suka cita menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatuan dan kesatuan bangsa. Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON ke XX,” pungkasnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2115 seconds (0.1#10.140)