Daftar 5 Atlet yang Sukses Menjadi Presiden dan Wakil Presiden

Minggu, 03 Oktober 2021 - 23:01 WIB
loading...
A A A
3. Khaltmaagiin Battulga (Presiden Mongolia)
Daftar 5 Atlet yang Sukses Menjadi Presiden dan Wakil Presiden

Salah satu fakta menarik dari Khaltmaagiin Battulga tentu saja latar belakangnya sebagai mantan pegulat Sambo profesional. Profesi Battulga sebagai atlet pegulat ini sendiri tidak terlepas dari peran ayahnya yang juga merupakan pelatih gulat tradisional Mongolia.

Saat masih menjadi pegulat, Battulga tercatat sebagai anggota Tim Gulat Nasional Mongolia pada tahun 1979-1990. Ia ketap peringkat bergengsi, termasuk menang kejuaraan piala dunia di Ulaanbaatar, Mongolia pada tahun 1989 silam.

4. Marcus Stephen (Presiden Nauru)
Daftar 5 Atlet yang Sukses Menjadi Presiden dan Wakil Presiden

Nauru, sebuah negara di Oseania, dipimpin oleh Marcus Stephen. Presiden Nauru itu terkenal sebagai mantan atlet angkat berat yang telah menyumbang tujuh medali emas dan lima perak di Commonwealth Games (1990-1998).

Kecintaan Marcus Stephen terhadap dunia olahraga menurun ke putranya, Lawrence Stephen. Kini sang putra presiden tercatat sebagai salah satu atlet Nauru yang berhasil lolos ke Olimpiade.

5. Luis Alberto Flores Asturias (Wakil Presiden Guatemala)
Daftar 5 Atlet yang Sukses Menjadi Presiden dan Wakil Presiden

Luis Alberto Flores Asturias menjabat sebagai wakil presiden Guatemala pada tahun 1996 - 2000. Sebelum tampil di panggung politik, Luis Alberto merupakan atlet Guatemala yang turun di cabang Decathlon pada Olimpiade 1972.

Selama empat tahun memimpin Guatemala bersama Presiden Alvaro Arzu, Luis Alberto akhirnya digantikan oleh wakil presiden Juan Francisco Reyes. Selepas masa purnatugas di pemerintahan, Luis Alberto masih aktif berkecimpung di dunia olahraga khususnya atletik.
(sto)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)