Bukan Atlet Sembarangan, Ni Kadek Anny Pandini, Peraih Emas PON Judo Ini Anak Buah Mayjen Maruli Simanjuntak

Senin, 04 Oktober 2021 - 14:39 WIB
loading...
Bukan Atlet Sembarangan, Ni Kadek Anny Pandini, Peraih Emas PON Judo Ini Anak Buah Mayjen Maruli Simanjuntak
Judoka nasional yang juga prajurit Kowad Kodam IX/Udayana Ni Kadek Anny Pandini saat merebut emas SEA Games 2019 Filipina. Anny kini meraih emas di PON XX Papua. Foto: Dok Puspen TNI
A A A
JAKARTA - Catatan gemilang diukir atlet judo asal Bali Ni Kadek Anny Pandini di PON XX Papua 2021 . Anny merebut medali emas setelah di final kelas 57 kilogram menaklukkan Hanifah, pejudo asal DKI Jakarta.

Bagi Anny, ini bukan prestasi pertama yang diraihnya di kompetisi multicabang olahraga tertinggi Tanah Air tersebut. Dia telah menorehkan tinta berlian dengan merebut emas di PON 2008 Kalimantan, 2012 di Riau, 2016 di Jawa Barat dan terkini di Papua.

Baca Juga: Begini Aksi Atlet Binaraga Berlaga di PON XX Papua 2021

Di balik kehebatannya itu, tak banyak orang tahu Anny ternyata prajurit TNI. Ya, dia merupakan anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) berpangkat sersan satu yang saat ini berdinas di Jasdam IX/Udayana.

Kapendam IX/Udayana Letnan Kolonel Kav Antonius Totok Yuniarto P menuturkan, Pangdam Mayjen Maruli Simanjuntak dan keluarga besar Kodam Udayana menyampaikan selamat dan apresiasi tinggi atas keberhasilan Anny. Ucapan selamat itu disampaikan melalui telepon seluler kepada Anny.

“Kami mengucapkan selamat dan rasa syukur serta bangga atas prestasi terbaik meraih medali Judo. Terima kasih atas prestasinya dan teruslah berprestasi sehingga membanggakan Kodam IX/Udayana,” kata Kapendam dikutip dari laman situs resmi TNI AD, Senin (4/10/2021).



Anny Pandini memang pejudo nasional. Dia beberapa kali turut mewakili Indonesia di kancah regional.

Catatan prestasinya antara lain meraih medali perak di SEA Games 2011 Jakarta-Palembang dan medali perunggu di SEA Games 2013 di Myanmar.

Anny mengharumkan Indonesia saat berlaga di SEA Games 2015 Singapura. Di final, dia menyabet medali emas. Sayangnya, catatan mengilap itu tak terulang di SEA Games 2017 Malaysia. Dia gagal merebut emas karena turun di kelas 63 kilogram.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3176 seconds (0.1#10.140)