Profil Michel Sablon, Si Pencetak Generasi Emas Timnas Belgia

Senin, 04 Oktober 2021 - 21:01 WIB
loading...
Profil Michel Sablon, Si Pencetak Generasi Emas Timnas Belgia
Profil Michel Sablon, Si Pencetak Generasi Emas Timnas Belgia. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Belgia terbukti sukses mencetak pemain-pemain hebat seperti Eden Hazard, Romelu Lukaku, dan Kevin De Bruyne. Generasi emas Timnas Belgia tidak lepas dari tangan dingin Michel Sablon.

Michel Sablon, oleh sejumlah pihak, mendapat julukan 'bapak revolusi sepak bola' di Belgia. Lantas, siapa sebetulnya pria yang menjabat sebagai direktur teknik Royal Belgian Football Association (RBFA) tersebut?



Kisah Sablon berawal dari keterpurukan Timnas Belgia di Piala Eropa 2002. Pada saat itu, Belgia yang menyandang status tuan rumah bersama Belanda, justru lebih banyak menelan kekalahan hingga tersisih di fase grup.

Presiden Federasi Sepak bola Belgia, Michael D'Hooghe, kemudian menghubungi Michael Sablon untuk membantu menganalisa penyebab kegagalan itu. Keduanya sepakat bahwa terdapat kesalahan mendasar di luar peran Marc Wilmots dan koleganya sebagai pemain.

Sablon melihat permasalahan dengan baik dan meracik solusi jangka panjang. Dalam wawancara bersama The Guardian tahun 2018, Sablon mengaku meminta bantuan profesor dari sebuah universitas di Belgia untuk membangun sistem baru dalam pengembangan sepak bola Belgia selepas Piala Eropa 2002.

Menurutnya, para pemain Belgia sejak awal menggunakan kaca mata yang pragmatis sehingga hanya memikirkan kemenangan. Tujuan itu, kata Sablon, ingin dicapai tanpa dibarengi kualitas yang mumpuni untuk bertahan di sebuah turnamen elite.

Sebagai direktur teknik, Sablon merekonstruksi sistem dalam sepak bola Belgia menjadi tak lagi pragmatis. Perubahan dimulai dari fondasi berpikir hingga meningkatkan keterampilan teknik individu serta merancang organisasi permainan melalui statistik.

Sablon menunjuk profesor Werner Helsen untuk memimpin studi yang melibatkan 1.500 jam pertandingan. Ia ingin Helsen menemukan bentuk yang baik lewat data yang dihasilkan oleh angka-angka dari jumlah sentuhan, akurasi umpan, tendangan, dan penguasaan bola.

"Angka menceritakan kisah yang sebenarnya," kata Sablon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)