Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia dengan Performa Terburuk, Ada Yang Pensiun

loading...
Van Beukering mendapatkan paspor Indonesia pada November 2011. Dia memulai debut timnas Indonesia di November 2012. Dia membela Pelita Jaya yang bermain di IPL pada tahun itu sehingga dia bisa memperkuat timnas Indonesia.



Sayangnya, kualitas bermainnya ketika di Piala AFF 2012 sangat jelek. Badannya yang terlalu gemuk membuat pergerakannya sangat lambat dan sulit untuk berlari cepat. Hal ini membuat kariernya di timnas Indonesia hanya sebentar dan tidak dipanggil timnas Indonesia sampai saat ini.

2. Tonnie Cussell
Cussell merupakan pemain naturaliasi timnas Indonesia yang berasal dari Belanda. Dia digadang-gadang bisa menggantikan peran jenderal lapangan tengah seperti Firman Utina dan Ahmad Bustomi yang tampil apik di Piala AFF 2010 dan terpaksa tidak bisa ikut Piala AFF 2012 karena dualisme di tubuh PSSI.

Cussell yang masih memiliki darah keturunan Indonesia mendapat paspor Indonesia di tahun 2012. Dia langsung masuk timnas Indonesia dan bermain di Piala AFF 2012. Namun, kualitasnya tidak sesuai harapan dan membuat timnas Indonesia gagal total di Piala AFF 2012.

Baca Juga: 2 Kali Menang Lawan Taiwan, Peringkat Dunia Indonesia Diprediksi Melonjak 10 Tingkat

Cussell sempat bermain di Bariot Putera setelah Piala AFF 2012. Namun, dia tidak lama di Barito Putra. Dia diputus kontrak dan hingga kini tidak pernah bermain di Indonesia lagi. Dia sudah pensiun sekarang di Belanda.

3. Ruben Wuarbanara
Ruben termasuk pemain yang sempat dipanggil timnas Indonesia. Pemain yang berasal dari Belanda itu memulai karier di FC Den Bosch. Dia dipanggil untuk seleksi timnas U-23 Indonesia setelah dinaturalisasi.

Sayangnya, dia tidak lolos seleksi. Setelah itu, dia sempat dikontrak oleh Barito Putera bersama Tonnie Cussell. Sayang, karier mereka berdua tidak terlalu bagus dan akhirnya malah diputus kontrak. Ruben pun tidak terdengar kabarnya hingga kini setelah kembali ke Belanda.

Itulah pemain sepak bola naturalisasi timnas Indonesia yang kualitasnya jauh di bawah kualitas pemain lokal di sekitar tahun 2012. Walau begitu, masih banyak pemain naturalisasi lain yang bagus dan mampu memberikan kontribusi bagus di timnas Indonesia seperti Cristian Gonzales, Irfan Bachdim, dan Stefano Lilipaly.
halaman ke-2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top