Cara Sederhana Mengukur VO2 Max Saat Berolahraga

loading...
Cara Sederhana Mengukur VO2 Max Saat Berolahraga
Cara Sederhana Mengukur VO2 Max Saat Berolahraga. Foto: Ilustrasi/hearstapps.com
JAKARTA - Skala ukuran dari jumlah maksimal dalam penggunaan oksigen selama aktivitas berat disebut VO2 Max. Pengukuran VO2 Max membantu kita tahu seberapa banyak oksigen yang efektif berfungsi untuk penggunaan energi bagi tubuh.

Saat berolahraga, pengukuran VO2 Max juga bisa menjadi indikator untuk mengetahui sampai mana batas tubuh mampu melakukan aktivitas berat. Kebanyakan, cara mengukur VO2 Max adalah menggunakan alat khusus seperti treadmill .

Baca Juga: Treadmill Dapat Membantu Menunjang Kebugaran Selama di Rumah Saja

Namun begitu, ada beberapa cara sederhana yang juga bisa menjadi alat pengukur VO2 Max. Cara olahraga ringan seperti berjalan dan berlari mampu menjadi indikator pengukuran VO2 Max.



Berikut Cara Sederhana Mengukur VO2 Max
Cara mengukur VO2 Max dapat dilakukan melalui cara sederhana saat anda bersantai atau beristirahat. Bahkan, saat Anda duduk atau sedang tidur dapat mengukur VO2 Max yang masuk ke dalam tubuh.

Hal tersebut bisa dilakukan jika Anda memiliki gelang atau jam tangan yang mampu memantau detak jantung. Dengan alat tersebut, Anda dapat mengukur detak jantung secara aktual.

Selain itu, Anda juga dapat mengukur denyut jantung tanpa alat pembantu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menempelkan dua jari anda tepat pada sisi leher pada jalur arteri Anda, setelah itu anda bisa merasakan dan menghitung denyut jantung Anda.

Baca Juga: Inovasi Mahasiswa, Atur Kecepatan Treadmill dengan Detak Jantung

Lalu hasil detak jantung Anda dapat dihitung untuk mengetahui jumlah VO2 Max yang masuk ke dalam tubuh Anda. Caranya adalah melalui beberapa rumus sederhana berdasarkan penghitungan medis.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top