Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Termahal Sepanjang Sejarah

Jum'at, 05 November 2021 - 05:50 WIB
loading...
Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Termahal Sepanjang Sejarah
Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Termahal Sepanjang Sejarah/okezone
A A A
Jika kita berbicara tentang pemain naturalisasi timnas Indonesia termahal sepanjang sejarah sepak bola Indonesia, maka setidaknya akan muncul beberapa nama. Nama-nama pemain naturalisasi ini tentu sudah tidak asing bagi insan sepak bola Indonesia.

Pemain naturalisasi timnas Indonesia dengan nilai kontrak termahal tentu membuktikan kualitas yang dimilikinya. Tidak mungkin nilai kontrak yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan kualitas dan kemampuan sepak bola yang mereka miliki.



Rata-rata, nilai kontrak para pemain naturalisasi ini lebih mahal daripada pemain lokal di posisi yang sama. Hal ini menunjukkan kualitas mereka memang sudah teruji dan terbukti bisa mengangkat performa klub dan timnas Indonesia tentunya. Beberapa nama pemain naturalisasi timnas Indonesia yang pernah mendapatkan nilai kontrak terbesar
sepanjang sejarah sepak bola Indonesia antara lain:

1. Cristian Gonzales
Cristian Gonzales merupakan salah satu pemain naturalisasi timnas Indonesia termahal. Kemampuan mencetak golnya tidak usah diragukan lagi. Dia adalah top skorer sepanjang masa Liga Indonesia hingga saat ini dengan 249 gol. Gonzales membela beberapa klub Indonesia selama berkarier di Indonesia dengan berbagai nilai kontrak.
Klub pertama yang dia bela adalah PSM Makassar di tahun 2003. Diperkirakan nilai kontrak yang dia dapatkan sekitar Rp900 juta per musim.

Kemudian, Gonzales membela Persik Kediri. Di Persik Kediri inilah, Gonzales meraih juara Liga Indonesia dengan membentuk trio maut bersama Ronald Fagundez dan Danilo Fernando. Nilai kontrak yang didapatkan Gonzales mencapai Rp1 miliar per musim. Gonzales menjadi pemain pinjaman dari Persik Kediri ke Persib Bandung di Januari 2009. Persib mengajukan gaji Rp60 juta per bulan kepada Gonzales selama bermain di Persib Bandung sebanyak 16 kali laga dan mencetak 14 gol. Karena itulah, dia dikontrak penuh di musim berikutnya di Persib Bandung dengan perkiraan nilai kontrak sekitar Rp1 miliar per musim.

Setelah itu, Gonzales pindah klub ke Persisam Samarinda. Nilai kontrak yang didapatkan Gonzales di Persisam Samarinda mencapai Rp 1 miliar per musim.
Selepas dari Persisam, Gonzales pindah ke Arema FC. Di Arema FC, Gonzales mendapatkan kontrak senilai Rp1,2 Miliar yang menjadikannya salah satu pemain termahal di Liga Indonesia.

Dia mencetak 3 gol di laga debutnya untuk Arema FC ke gawang Persidafon Dafonsoro. Di tahun 2018, Gonzales bermain untuk PSS Sleman ketika masih berada di Liga 2. Gonzales mendapatkan nilai kontrak sekitar Rp800 juta per musim. Hal ini menjadikannya sebagai pemain termahal di Liga 2 Indonesia di saat itu.

2. Ilija Spasojevic
Ilija Spasojevic atau Spaso merupakan salah satu pemain naturalisasi Indonesia termahal yang pernah ada. Spaso mulai dikenal ketika pertama kali tampil di IPL yang menjadi kompetisi tandingan PSSI versi Nurdin Halid. Spaso tercatat pernah membela beberapa tim. Spaso pernah bermain di Bali Devata, PSM Makassar, Mitra Kukar, Putra Samarinda, Pelita Bandung Raya, Persib Bandung, Melaka United (Malaysia), Bhayangkara FC, dan Bali United hingga saat ini.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)