Saul Canelo Alvarez Petinju Ke-6 Juara Tak Terbantahkan di Era 4 Sabuk

Minggu, 07 November 2021 - 16:42 WIB
loading...
Saul Canelo Alvarez Petinju Ke-6 Juara Tak Terbantahkan di Era 4 Sabuk
Saul Canelo Alvarez Petinju Ke-6 Juara Tak Terbantahkan di Era 4 Sabuk/The Sun
A A A
LAS VEGAS - Saul Canelo Alvarez menjadi petinju keenam yang menjadi juara tak terbantahkan di era empat sabuk juara setelah menang KO ronde 11 atas Caleb Plant untuk menjadi raja Kelas Menengah Super. Saul Canelo Alvarez menjadi petinju pertama Kelas Menengah Super yang menjadi juara tak terbantahkan di era empat sabuk.

Wasit Russell Mora menyatakan Canelo sebagai pemenang dalam partai utama yang memuaskan 16.586 penonton di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerika Serikat pada Minggu (7/11/2021) siang WIB. Canelo yang diunggulkan 7-1 menurut BetMGM Sportsbook, mempertahankan sabuk juara WBA, WBC dan WBO dan merebut sabuk IBF dari Caleb Plant. Dengan mengalahkan Caleb Plant, Canelo juga menjadi juara keenam yang sepenuhnya bersatu di divisi mana pun selama era empat sabuk tinju.



Canelo mengikuti jejak mantan petinju Kelas Menengah Bernard Hopkins dan Jermain Taylor, mantan juara Kelas Welter Junior yang tak terbantahkan Terence Crawford, mantan juara Kelas Penjelajah yang tak terbantahkan Oleksandr Usyk dan juara Kelas Welter Junior yang tak terbantahkan saat ini Josh Taylor. Canelo yang berusia 31 tahun dengan memiliki rekor ring 57-1-2 (39 KO) belum pernah kalah sejak menyerah di tangan Floyd Mayweather dalam pertarungan gelar Kelas Menengah Junior 12 ronde pada September 2013 di MGM Grand Garden Arena.

Petinju asli Guadalajara, Meksiko tersebut, sejak itu memenangkan gelar dunia dalam tiga divisi lainnya dan menjadi petinju pound-for-pound terbaik, menurut sebagian besar media dan penggemar. Dia sepenuhnya menyatukan empat gelar Kelas Menengah Super dalam waktu kurang dari 11 bulan dengan mengalahkan juara Inggris Callum Smith (WBA, WBC) dan Billy Joe Saunders (WBO) masing-masing pada 19 Desember dan 8 Mei lalu, dan Caleb Plant.

CAleb Plant yang berusia 29 tahun pemilik rekor 21-1 (12 KO dari Ashland City, Tennessee, membuat tiga pertahanan gelar Kelas Menengah Super IBF sebelum Canelo mengalahkannya. Caleb Plant mengalahkan musuh yang kekuatannya di bawahnya, setelah mengalahkan Jose Uzcategui pada Januari 2019 (Mike Lee dan penantang wajib Vincent Feigenbutz dan Caleb Truax).



Sempat unggul di ronde pertama, Caleb Plant harus menyerah kalah KO ronde 11 setelkah dua kali dijatuhkan Canelo. Canelo mendaratkan hook kiri dan uppercut kanan yang membuatnya menyentuh kanvas dengan kedua sarung tinjunya sekitar 25 detik memasuki ronde ke-11.

Caleb Plant harus mendapat hitungan sebelum bangkit meneruskan pertarungan. Canelo kembali menyerangnya, melepaskan kombinasi kiri-kanan-kiri pada Caleb Plant yang habis dan akhirnya terjatuh. Mora segera menghentikan pertarungan setelah Caleb Plant terjatuh.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)