8 Pelatih Asing Timnas Indonesia, Nomor 6 Pernah Bawa Spanyol Kampiun Piala Eropa

Rabu, 10 November 2021 - 15:51 WIB
loading...
A A A
Sebelum melatih timnas, McMenemy terlebih dianggap sukses melatih Bhayangkara FC. Berkat tangan dinginnya, Bhayangkara FC menjuaraiLiga 1 2017.

Simon sebelumnya juga pernah melatih Timnas Filipina pada 2010 dan membawa tim tersebut lolos hingga ke semifinal Piala AFF. Akan tetapi, kemahiran McMenemy di Bhayangkara FC dan Filipina tidak begitu terlihat saat memandu timnas Indonesia.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Skuad Garuda justru menjadi pesakitan dimana sama sekali tak meraih kemenangan hingga digantikan Shin Tae-Yong. Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia, Thailand, UEA dan Vietnam.

Berkat rapor merahnya ini membuat Simon dicopot dari jabatan pelatih timnas pada 2019 dan sempat digantikan asistennya yakni pelatih karetaker Yeyen Tumena.

8. Shin Tae-yong/Korea Selatan
8 Pelatih Asing Timnas Indonesia, Nomor 6 Pernah Bawa Spanyol Kampiun Piala Eropa

Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong dipercaya sebagai arsitek baru timnas Indonesia pada Desember 2019. Pada awal melatih, Shin Tae-yong langsung menitikberatkan pada kekuatan fisik anak asuhnya.

Meskipun belum begitu mengenal pesepak bola Indonesia, namun pria 52 tahun itu sudah mengantongi kelemahan timnas Indonesia perihal stamina yang buruk.

Sebelum melatih, Shin Tae-yong mengaku seringkali menonton pertandingan Indonesia. Satu hal yang menjadi perhatiannya adalah, stamina para pemain yang tidak stabil dan cenderung menurun di sepanjang permainan.

Saat melatih, Shin Tae-yong terkenal sebagai pelatih yang sangat keras dan disiplin. Sikapnya ini justru diharapkan bisa membuat para pemain timnas menjadi lebih kuat dan semangat. Dengan model kepelatihannya ini, ia diharapkan mampu membawa tim Skuad Garuda berprestasi.
(sto)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)