Khabib Nurmagomedov Tak Terkalahkan di UFC, Begini Latihan The Eagle

Jum'at, 12 November 2021 - 04:56 WIB
loading...
Khabib Nurmagomedov Tak Terkalahkan di UFC, Begini Latihan The Eagle
Pola Latihan Khabib Nurmagomedov sang Petarung UFC Tak Terkalahkan/The Sun
A A A
Ternyata begini pola latihan Khabib Nurmagomedov yang membuatnya menjadi petarung UFC tak terkalahkan hingga memutuskan pensiun. Jika anda ingin menjadi petarung UFC hebat, ikuti pola latihan Khabib Nurmagomedov The Eagle.

Khabib Nurmagomedov menjadi juara dunia Combat Sambo dan dua kali Juara Ultimate Fighting Championship UFC Kelas Ringan. Khabib juga merupakan petarung UFC dengan rekor menang 29-0 dan tidak pernah terkalahkan. Nama Khabib mendunia ketika penyandang sabuk juara kelas ringan itu berseteru dengan Conor McGregor beserta timnya.



McGregor menghina Khabib dan almarhum Ayahnya, Abdulmanap, dengan sebutan sosok yang berbau. McGregor juga menyebut manajer Khabib, Ali Abdelaziz, sebagai teroris. Yang menyakitkan dan membuat amarah Khabib meledak adalah ketika McGregor menghina Agama Islam. Kesuksesan Khabib Nurmagomedov merupakan buah kerja keras dari latihan yang selama ini dijalaninya.

Rangkaian pelatihan untuk atlet pertarung MMA sendiri memang keras dimulai dari latihan fisik hingga latihan di atas ring sendiri. Berikut terangkum rangkaian program latihan fisik rutin yang dilakukan Khabib Nurmagomedov.

1. Sparring
latihan tanding yang merupakan program rutin pada latihan tinju yang menghadirkan simulasi pertandingan sesungguhnya dengan jumlah ronde yang disesuaikan dengan program latihannya.
2. Sacking
sacking merupakan latihan pukulan tinju yang mempelajari pola gerakan serangan tangan.
3. Grappling
grappling atau pergulatan merupakan bagian dari seni bela diri yang terdiri dari berbagai teknik untuk mengatasi lawan saat dipeluk atau dalam genggaman.
4. Jogging
pola latihan dengan bentuk berlari namun dengan langkah yang perlahan atau santai.
5. Sprint
cara lari dalam menempuh jarak tertentu yang relatif pendek, dalam waktu singkat, dan dengan kecepatan maksimal, dari garis start sampai ke finish.
6. Latihan Beban
bentuk latihan fisik paling umum untuk membangun kekuatan fisik dan menambah ukuran otot pada kerangka.
7. Gulat Gaya Bebas
gulat gaya bebas merupakan salah satu dari gaya seni beladiri gulat, dimana gulat sendiri merupakan kontak fisik antara dua orang, dimana salah satu petarung berusaha untuk menjatuhkan atau mengontrol lawan mereka.
8. Tinju
tinju merupakan olahraga dan seni beladiri yang menampilkan dua peserta dengan berat yang serupa dalam rangkaian pertandingan berdurasi satu hingga tiga menit yang disebut ronde.
9. Footwork
footwork merupakan sebuah teknik pengaturan langkah kaki agar lebih efektif yang berguna untuk sebuah kondisi tertentu khususnya olahraga.
10. Crossfit
crossfit merupakan program latihan yang menggabungkan berbagai gerakan fungsional dari unsur sistem aerobic dan anaerobic dengan internsitas interval yang tinggi dan konstan.
11. Jiu-Jitsu
jiu-jitsu merupakan seni beladiri dari jepang yang bersifat defensif dengan memanfaatkan serangan balik dan menyerang titik lemah lawan, menjatuhkan, dan mengunci pergerakan lawan.
12. Stretching
stretching merupakan bentuk latihan fisik yang dilakukan sebelum atau sesudah latihan inti dengan tujuan menekuk atau merenggangkan otot atau tendon untuk meningkatkan elastisitas otot sehingga mencapai tonus otot yang nyaman.
13. Bag Work
latihan tinju dengan bantuan samsak yang menghadirkan sensasi bertarung dengan lawan sebenarnya, latihan ini juga mampu memperkuat otot lengan dan kaki lebih kuat.
14. Standing
standing merupakan bentuk latihan yang mengandalkan gerakan loncatan menggunakan kedua kaki diangkat sampai setinggi rata-rata di depan dada sampai melewati atas pembatas yang ada.
15. Ground Wrestling
ground westerling juga berkaitan dengan salah satu gaya yang dilakukan dalam olahraga gulat.
16. Finishing Moves
tidak hanya berlatih tinju dasar. Serangkaian latihan yang penting adalah finishing moves yang dapat juga diartikan sebagai gerakan pamungkas.



Pola latihan Khabib Nurmagomedov disesuaikan dengan kondisi pada saat itu yang sedang menjalani ibadah puasa. Dalam rutinitas puasa, Khabib biasanya berlatih dua kali sehari yaitu sebelum buka puasa dan sebelum sahur.

Pola latihannya juga dilakukan secara hati-hati karena tidak minum dan makan dari fajar hingga saat berbuka. Khabib menerapkan pada dirinya untuk tidak ingin memukul wajah di bulan Ramadhan dan tidak melakukan sparring pada saat itu.

MG01-Anjas Asmara
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)