Mengenal Sosok Elkan Baggott: Pemain Indonesia Pertama di Klub Inggris

Rabu, 17 November 2021 - 16:30 WIB
loading...
Mengenal Sosok Elkan Baggott: Pemain Indonesia Pertama di Klub Inggris
Elkan Baggott menjadi pesepak bola Indonesia pertama yang mengikat kontrak profesional dengan klub di Liga Inggris/Foto/dok.SINDOnews
A A A
ANTALYA - Elkan Baggot resmi menjadi Warga Negara Indonesia, Selasa (9/11/2021). Ditemani Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, Elkan mendapat Kartu Tanda Penduduk (KTP) di kantor Ditjen Dukcapil Kemendagri. Dengan demikian, Elkan menjadi pesepak bola Indonesia pertama yang mengikat kontrak profesional dengan klub di Liga Inggris.

Elkan menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Ipswich Town, klub League One atau kasta ketiga dari sistem kompetisi Liga Inggris, pada 28 Januari 2021. Ipswich menjadikan Elkan sebagai proyek masa depan dengan mengikatnya hingga 2023.

Baca juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Brasil Tunda Argentina Terbang ke Qatar

Sebelumnya, pemain kelahiran Bangkok, Thailand, 23 Oktober 2002, bergabung dengan Ipswich Town melalui jalur beasiswa Professional Development Phase Scholarship selama dua tahun pada 2019.

Pria jangkung (194 cm) itu menghabiskan masa kecil di Indonesia, sebelum pindah ke Inggris pada 2011. Hobinya mengolah si kulit bundar benar-benar tersalurkan di Negeri Ratu Elizabeth ini.

Baca juga: Hasil Belanda vs Norwegia: Depay Antar Oranje Lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2022

Indonesia mempunyai sejumlah pemain yang berkarier di liga manca negara. Sebut saja Egy Maulana Vikri yang menjadi penggawa klub Liga Utama Polandia Lechia Gdansk atau Asnawi Mangkualam di klub Ansan Greeners (Liga Korea Selatan). Tapi, untuk Liga Inggris, Elkan merupakan pemain profresional pertama dari Indonesia.

Hanya sedikit pemain berdarah Indonesia merumput di Inggris. Dirangkum dari berbagai sumber, Selain Elkan, pemain berdarah Indonesia yang berkarier di Inggris antara lain Joseph Simatupang Ferguson yang terikat dengan Blackburn Rovers.

Bek berusia 16 tahun itu memperkuat Blackburn Rovers U-23 setelah promosi dari Blackburn Academy pada 1 Juli 2019. Tapi, apakah Joseph memilih Indonesia? Menarik dinanti.

Sedangkan Jack Brown masih tercatat sebagai pemain Lincoln City U-18. Jack Brown kelahiran Jakarta 2 November 2001 dan masih memiliki dua kewarganegaraan, Indonesia dan Inggris. Tapi, dia cenderung ingin bergabung dengan timnas Indonesia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1888 seconds (11.97#12.26)