Pemain Naturalisasi Yang Belum Pernah Bermain Untuk Timnas Indonesia

Selasa, 23 November 2021 - 07:18 WIB
loading...
Pemain Naturalisasi Yang Belum Pernah Bermain Untuk Timnas Indonesia
Pemain Naturalisasi Yang Belum Pernah Bermain Untuk Timnas Indonesia/Dok
A A A
Pemain naturalisasi yang belum pernah bermain untuk timnas Indonesia hingga saat ini cukup menyita perhatian. Dengan segala pengorbanan dan kualitas yang dimiliki, mungkin para pemain ini harusnya bisa membela timnas Indonesia jika pelatih menginginkannya.

Pemain naturalisasi ini memiliki kewarganegaraan selain Indonesia sebelumnya. Para pemain ini melepas kewarganegaraan lamanya menjadi kewarganegaraan Indonesia. Mereka resmi menyandang paspor hijau alias paspor Indonesia sebagai indentitas barunya.Pemain naturalisasi tentu saja melewati berbagai proses untuk bisa mendapatkan kewarganegaraan Indonesia.



Bukan proses yang pendek dan instan yang membuat pemerintah memberikan paspor hijau bagi para pemain naturalisasi timnas Indonesia ini. Siapakah para pemain naturalisasi yang belum pernah membela timnas Indonesia? Berikut beberapa pemain naturalisasi tersebut:

Yu Hyun Koo
Yu Hyun Koo adalah pemain naturalisasi Indonesia asal Korea Selatan. Yu Hyun Koo pernah bermain untuk klub besar Korea Selatan, yakni Pohang Steelers dan Jeju United. Yu Hyun Koo memulai karier di Indonesia pada tahun 2011.Yu Hyun Koo bermain di Semen Padang sejak tahun 2011.

Di sana, Yu Hyun Koo menemukan atmosfer yang cocok sehingga menjadi pemain andalan Semen Padang hingga tahun 2015. Dia pindah ke Sriwijaya FC pada tahun 2015 dengan status pinjaman.Pemain asli Korea Selatan itu juga memberikan penampilan terbaik ketika bermain di Sriwijaya FC.

Yu Hyun Koo memberikan beberapa gelar seperti posisi ketiga di Piala Presiden 2018. Yu Hyun Koo sempat kembali ke Semen Padang dan bermain di Kalteng Putra walau tidak lama.Yu Hyun Koo resmi mendapatkan paspor hijau di tahun 2021.

Dia mendapatkan paspor hijau di bulan Juli 2021 yang membuatnya bisa membela timnas Indonesia jika pelatih timnas Indonesia memang membutuhkannya. Yu Hyun Koo sudah memenuhi syarat baik di aturan Kemenhhumkam RI sebagai WNI yang sah.
Dia secara resmi sudah memenuhi syarat naturalisasi FIFA yang membolehkannya bermain untuk timnas Indonesia karena dia sudah 10 tahun tinggal di Indonesia, dimana syarat tinggal di suatu negara agar dia bisa bermain untuk timnas negara tersebut menutur FIFA adalah 5 tahun.

Yoo Jae Hoon
Yoo Jae Hoon adalah pemain naturalisasi Indonesia asal Korea Selatan. Sama dengan Yu Hyun Koo, Yoo Jae Hoon resmi menjadi WNI saat ini dan melepas kewarganegaraan Korea Selatan yang sebelumnya dia miliki.Yoo Jaeh Hoon mengawali karier di Indonesia pada tahun 2010. Dia membela Persipura Jayapura selama 5 tahun.

Yoo Jae Hoon membuat banyak penampilan dan Namanya mulai dikenal dengan sebutan Pace Yoo.Panggilan akrab ini dia gunakan untuk nama akun Instagramnya. Dia menggunakan nama user Instagram @pace_yoojaehoon. Hal ini menunjukkan bahwa dia sudah sepenuhnya cinta dengan Indonesia dan merasa nyaman tinggal di Indonesia.

Setelah dari Persipura Jayapura, dia pindah ke Bali United. Di Bali United, Yoo Jae Hoon hanya bermain beberapa kali. Hal ini membuatnya kembali ke Persipura. Dan disinilah dia menunjukkan penampilan terbaiknya.Yoo pun pindah ke Mitra Kukar dan Barito Putera di akhir kariernya.

Dia gantung sepatu di tahun 2018. Dia memutuskan untuk berhenti menjadi pemain sepak bola dan memulai hidup baru di luar profesi pemain sepak bola.Yoo Jae Hoon pun mendapatkan paspor hijau di tahun 2019.



Dia sudah tinggal di Indonesia selama 9 pada tahun 2019. Hal ini membuatnya sebenarnya bisa membela timnas Indonesia. Sayang, dia sudah gantung sepatu dan memilih jalan lain.Namun, walau sudah gantung sepatu, Yoo Jae Hoon tetap berkontribusi di bidang sepak bola.

Dia kini menjadi tangan kanan Shin Tae Yong, pelatih timnas Indonesia asal Korea Selatan. Dengan pengalamannya tinggal lama di Indonesia, hal ini tentu menjadi jembatan antara Shin Tae Yong dan para pemain timnas Indonesia.Yoo Jae Hoon selalu mendampingi Shin Tae Yong di berbagai pertandingan.

Masalah komunikasi dan Bahasa bisa diatasi dengan adanya Yoo Jae Hoon yang sudah paham budaya dan Bahasa Indonesia. Tak heran PSSI langsung menunjuknya sebagai asisten pelatih Shin Tae Yong ketika PSSI resmi mengumumkan Shin Tae Yong adalah pelatih timnas Indonesia.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2329 seconds (0.1#10.140)