Profil Sirkuit Mandalika: Layout, Panjang Lintasan, Jumlah Tikungan, hingga Pemandangan

Rabu, 24 November 2021 - 03:54 WIB
Profil Sirkuit Mandalika: Layout, Panjang Lintasan, Jumlah Tikungan, hingga Pemandangan
Sejumlah pembalap bersama tim berjalan mengelilingi lintasan atau track walk di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Kamis (18/11/2021) / Foto: SINDOnews ( R Suratman)
A A A
MANDALIKA - Sejarah tercipta saat Indonesia berhasil menggelar dua balapan bergengsi, yakni Asian Talent Cup (ATP) 2021 dan World Superbike (WSBK) di Mandalika International Street Circuit, akhir pekan kemarin. Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports memberikan apresiasi terhadap kesuksesan Indonesia menghelat balapan roda dua.

Terlepas dari suksesnya gelaran tersebut, Sirkuit Mandalika masih menyisakan banyak hal untuk diulas terkait beberapa detailnya. Mulai dari panjang lintasan, jumlah tikungan, luas paddock, kapasitas tribun dll.

Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit yang dibangun dengan tujuan untuk menggelar ajang balap internasional. Puncaknya, sirkuit ini akan diproyeksikan menjadi salah satu jadwal di ajang sekelas MotoGP.

BACA JUGA: Viral! Marshal Salat di Sisi Lintasan Sirkuit Mandalika, Netizen: Semoga Berkah



Berdasarkan laman resmi WSBK, sirkuit ini memiliki panjang hingga 4,31 km dengan lebar 15 meter. Dari panjang itu, para pembalap harus menaklukan sebanyak 17 tikungan dengan 11 tikungan mengarah ke kanan, dan 6 lainnya mengarah ke kiri.

Selain itu, sirkuit ini memiliki dua service road, yakni service road inner yang memiliki panjang 3,8 km dan lebar 14 meter. Ada pula service road outer dengan panjang 4,32 km dan lebar 14 meter. Tak ketinggalan pit line dengan panjang 835 meter dan lebar 14 meter.

Paddock dalam sirkuit ini terdiri dari 40 garasi. Dengan luas bangunan sebesar 13.700 meter persegi, masing-masing garasi memiliki lebar 5,24 meter dan panjang 18,34 meter.

BACA JUGA: Kisah Unik dan Menarik di Luar Sirkuit Mandalika Warnai WSBK Indonesia

Paddock ini terdiri dari tiga lantai dengan tribun VVIP dan media center di lantai dua. Kemudian di lantai tiga, paddock digunakan untuk boot dan medical center bagi para pembalap.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1573 seconds (11.252#12.26)