Profil Sirkuit Mandalika: Layout, Panjang Lintasan, Jumlah Tikungan, hingga Pemandangan

Rabu, 24 November 2021 - 03:54 WIB
loading...
A A A
Lintasan untuk sirkuit ini telah dibangun menggunakan teknik pengaspalan modern bernama stone mastic asphalt (SMA). Dengan teknologi ini daya penetrasi aspal menjadi tinggi sehingga pembalap tidak mudah terjadi wet race atau licin karena hujan.



Menilik ke area luar, sirkuit ini dikelilingi kawasan wisata dengan suguhan pemandangan indah bagi siapapun yang melihatnya. Katakanlah seperti bentang pantai dengan pasir putih, jejeran perbukitan, serta pemandangan asri Mandalika.

Selain itu ada pula tempat wisata resmi yang direncanakan menjadi sumber pemasukan negara dari sektor wisata. Di antaranya, Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, Pantai Seger, Pantai Gerupuk, Pantai Kuta Mandalika, hingga desa adat seperti Sade dan Ende.

Berbicara soal pemasukan ekonomi, dari satu gelaran ajang balap dunia di sirkuit ini dicatat menghasilkan efek berganda hingga Rp 500 miliar. Selain itu penyerapan tenaga kerja diprediksi kurang lebih sebesar 7.950 orang dan peningkatan produk UMKM dengan penambahan tenaga kerja sebanyak paling tidak 3.000 orang.
(yov)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5287 seconds (0.1#10.140)