Sempurna di Putaran Akhir, Avila Bahar Sabet Gelar Juara Nasional ISSOM 2021

Selasa, 07 Desember 2021 - 01:35 WIB
loading...
Sempurna di Putaran Akhir, Avila Bahar Sabet Gelar Juara Nasional ISSOM 2021
Sempurna di Putaran Akhir, Avila Bahar Sabet Gelar Juara Nasional ISSOM 2021. Foto: IST
A A A
SENTUL - Pembalap Honda Racing Indonesia, Avila Bahar , benar-benar mencetak ‘perfect weekend’ di Indonesian Sentul Series Of Motorsport (ISSOM) putaran 6 atau terakhir, di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/12/2021).

Putaran terakhir di Desember kali ini benar-benar jadi ‘pekan sempurna’ alias ‘perfect weekend’ bagi Avila. Pembalap muda kelahiran Jakarta, 12 April 2002 itu mencatat prestasi istimewa sepanjang akhir pekan itu. Tak pelak, gelar juara nasional 2021 kelas 1500 ITCR Rising Star pun sahih di pundaknya.



“Terima kasih buat semua, sungguh ‘perfect weekend’. Saya puas banget dengan hasil ini. Tahun depan, siap ke seeded A,” ujar Avila usai balapan yang langsung disambut pelukan hangat sang ayah dan sejumlah kru tim Honda Racing Indonesia.

Tim Honda Racing Indonesia yang menaungi Avila di tahun pertamanya benar-benar bangga akan prestasi putra sulung juara nasional 8 kali, Alvin Bahar ini. Apa yang ia idam-idamkan, mencatat hasil sempurna di putaran terakhir benar-benar jadi kenyataan.
Sempurna di Putaran Akhir, Avila Bahar Sabet Gelar Juara Nasional ISSOM 2021

Sepanjang 6 putaran ISSOM, Avila memang tampil ciamik dan selalu meraih gelar juara di setiap seri. Hingga ia pun sudah ditetapkan sebagai juara nasional kelas 1500 ITCR Rising Star sejak putaran 5 dua pekan lalu. Tapi, baru di seri pamungkas, ia bisa mencatat kemenangan sempurna sejak sesi latihan resmi, kualifikasi hingga balapan akhir.

Di tiga sesi di akhir pekan yang dimulai pada latihan resmi Sabtu pagi (sedianya digelar Jumat, karena hujan, tertunda ke Sabtu pagi), Avila jadi yang tercepat sekaligus memperpanjang rekor pribadinya menjadi 1.53.09 detik. Sementara kompetitor lain hanya mencatat waktu 1.54 atau 1.55 sekian.

Kencangnya Honda Jazz Avila kembali ditunjukkan di sesi kualifikasi dengan menjadi yang tercepat. Di antara sejumlah pembalap tercepat, diambil 5 pembalap dengan waktu terbaik, untuk berebut superpole. Lima pembalap itu dilepas satu per satu. Dan, mahasiswa Universitas Indonesia jurusan Vokasi ini lagi-lagi menunjukkan tajinya dengan meraih superpole.

Di balapan Minggu sore, Avila kembali tak tertahan. Ia tampil sempurna tanpa terkejar. Sampai tiga kali safety car masuk, Avila tetap memimpin jauh di depan. Finis pertama, sekaligus resmi sebagai juara nasional kelas 1500 ITCR Rising Star 2021.

Makin sempurna karena Avila pun mencatat fastest lap di putaran terakhir itu dengan waktu 2.01.462 detik. Sementara rata-rata pembalap senior seperti Fitra Eri, Rio SB atau Avan Abdullah yang bertarung bersama Avila hanya mencatat waktu 2.02 hingga 2.06 sekian.

Ayahandanya, Alvin Bahar yang juga Direktur Tim Honda Racing Indonesia pun menyatakan rasa puasnya dengan pencapaian Avila di tahun pertamanya bersama Honda Racing Indonesia.

“Sebuah prestasi gemilang sepanjang 2021, bahkan di putaran terakhir ia mencatat pencapaian sempurna. Saya puas dengan apa yang ia capai. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi,” tutur Alvin yang juga putra pembalap hebat era 80-an, Mendiang Aswin Bahar kepada media, Senin (6/12/2021).
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)