Final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand: Awas Dejavu!

Rabu, 29 Desember 2021 - 06:05 WIB
loading...
Final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand: Awas Dejavu!
Leg pertama Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand akan berlangsung malam ini di National Stadium. Skuad Garuda mendapat tekanan berat karena dihantui kutukan. Foto: Humas PSSI
A A A
KALLANG - Leg pertama Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand akan berlangsung hari ini atau Rabu (29/12/2021) di National Stadium. Skuad Garuda diyakini mendapat tekanan berat karena dihantui kutukan.



Ini bukan pertama kalinya Indonesia dan Thailand menembus final Piala AFF. Mereka bisa dibilang cukup sering tampil di partai puncak dan bahkan pernah beberapa kali bertemu.

Thailand sebelumnya telah delapan kali merasakan final Piala AFF. Sedangkan Indonesia sudah lima kali. Tapi, ada satu perbedaan besar diantara keduanya, yakni hasil akhir.

Dari lima final yang pernah dijalani, Indonesia belum pernah juara alias selalu jadi runner-up. Sedangkan Thailand bisa meraih lima trofi, dimana tiga diantaranya setelah menjegal skuad Garuda.

Indonesia dijegal Thailand pada final edisi 2000, 2002 dan 2016. Sedangkan dua lainnya saat jumpa Singapura (2004) dan Malaysia (2010).

Tim Merah Putih kerap terpeleset di partai puncak Piala AFF baik saat digelar satu laga maupun dua kali. Saat final perdananya pada 2000, Indonesia digasak Thailand 1-4 di Rajamangala Stadium, Bangkok.

Lalu, pada edisi 2002 dimana bentrok lagi Thailand di Gelora Bung Karno Stadium, Jakarta, Indonesia bisa menahan imbang 2-2 hingga berujung adu penalti. Sayangnya malah kalah 2-4.

Kemudian ketika final Piala AFF mengunakan sistem kandang-tandang, Indonesia juga tidak berbuat banyak. Perhelatan 2004 misalnya. Menghadapi Singapura, kekalahan 1-3 dan 1-2 harus diterima.

Hal serupa terjadi di Piala AFF 2010 kontra Malaysia. Saat tandang di leg pertama, Indonesia kalah 0-3. Tapi, ketika jadi tuan rumah hanya menang 2-1.

Begitu pula pada 2016 dimana lagi-lagi bertemu Thailand. Indonesia sempat menang 2-1 di Stadion Pakansari. Sialnya, ketika sowan ke Rajamangala Stadium, Bangkok, malah takluk 0-2.

Berdasarkan statistik itu, Indonesia hanya bisa memberi perlawanan atau mencatat hasil positif ketika bermain di kandang. Tapi, jeblok saat tandang. Ini membuat publik resah kisah serupa akan terulang.

Kabar baiknya, prediksi itu belum tentu berlaku pada edisi kali. Sebab, Indonesia membukukan torehan cukup bagus di Piala AFF 2020 yang notabene berlangsung di Singapura.

Selama tampil di Bishan Stadium dan National Stadium, Indonesia belum menelan kekalahan. Bahkan, Evan Dimas dkk bisa menyingkirkan tuan rumah di semifinal.

Catatan itu tentunya dapat meningkatkan motivasi para pemain dan menumbuhkan rasa percaya kalau Indonesia bisa juara di negara orang.

"Tentu saja saya ingin menjadi juara. Tapi, trofi tidak akan datang hanya karena Anda menginginkannya. Gelar juara baru datang jika Anda terus melakukan yang terbaik disetiap pertandingan," ucap pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, dilaman resmi Piala AFF.



Perkiraan Pemain

Indonesia (5-4-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Edo Febriansyah; Egy Maulana Vikri, Rachmat Irianto, Rikcy Kambuaya, Witan Sulaeman; Ezra Walian

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Thailand (4-3-1-2): Siwarak Tedsungnoen; Narubadin Weerawatnodom, Manuel Bihr, Kritsada Kaman, Tritan Do; Phitiwat Sukjitthammakul, Thanawat Suengchitthawon, Sarach Yooyen; Chanathip Songkrasin; Teerasil Dangda, Supachok Sarachat

Pelatih: Alexandre Polking (Brasil)

(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)