5 Pemain Keturunan Indonesia yang Merumput di Piala Eropa

Selasa, 11 Januari 2022 - 13:01 WIB
loading...
A A A
Mantan gelandang Manchester City, Nigel De Jong adalah sosok pemain keturunan Indonesia berikutnya yang pernah merumput di Piala Eropa. Ya, De Jong tercatat memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Ambon, Maluku.

Meski demikian, ia pernah mengaku tidak mengenal samasekali bahasa daerah yang digunakan ibunya. Namun, De Jong sendiri tetaplah pemain dengan keturunan Indonesia yang pernah membela Timnas Belanda.

Kiprahnya bersama Timnas Belanda di Piala Eropa 2012 memang kurang baik setelah tak mampu mengantar De Oranje masuk ke fase gugur. Namun begitu, De Jong akan tetap dikenal sebagai gelandang bertahan yang solid.

5 Pemain Keturunan Indonesia yang Merumput di Piala Eropa

5.Giovanni Van Brockhorst (Belanda, Piala Eropa 2008)

Nama Giovanni Van Brockhorst mungkin tidak asing di telinga pecinta sepak bola Indonesia. Pemain kelahiran Rotterdam ini ternyata memiliki garis keturunan Indonesia dari sang nenek yang merupakan orang asli Maluku Tengah.

Namun, Van Bronckhorst memilih untuk membela Tim Nasional (Timnas) tanah kelahirannya, Belanda. Tak pelak, ia pernah berseragam De Oranje -julukan Timnas belanda- saat mentas di kompetisi Benua Biru sekelas Piala Eropa.

Tercatat, Van Bronckhorst pernah merumput di Piala Eropa 2008 sebagai bek kiri Timnas Belanda. Dalam 11 penampilannya, ia berhasil mengoleksi satu gol dan satu assist, serta mengantarkan De Oranje masuk ke perempatfinal Piala Eropa 2008. Sayangnya, Timnas Belanda harus gugur usai dikalahkan Russia 1-3 pada babak itu.
(yov)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2950 seconds (0.1#10.140)