Perlawanan Netizen Bela Shin Tae-yong, Dari Medsos Meluber ke Jalanan: #SaveSTY, #HarunaOut

Selasa, 18 Januari 2022 - 14:05 WIB
loading...
Perlawanan Netizen Bela Shin Tae-yong, Dari Medsos Meluber ke Jalanan: #SaveSTY, #HarunaOut
Kecintaan publik sepak bola Indonesia kepada pelatih timnas Shin Tae-yong ditunjukkan lewat spanduk/Foto/ist
A A A
JAKARTA - Kecintaan publik sepak bola Indonesia kepada pelatih timnas Shin Tae-yong tidak main-main. Setelah di media sosial muncul tagar #SaveSTY, kini dukungan meluber ke jalan-jalan Ibu Kota Jakarta.

Spanduk bernada dukungan untuk ShinTae-yong (STY) terlihat di beberapa ruas jalan ibu kota. Bahkan, fans sepak bola Indonesia memasangnya di sebuah jembatan penyeberangan orang di kawasan Jakarta.



"Kami bersamamu Shin Tae-yong," demikian tulisan di spanduk tersebut yang dipajang oleh kelompok yang menamakan diri La Grande Indonesia.

Di sampingnya ada lagi spanduk dengan tulisan : "Diam tak berguna, bergerak nyari perkara #HarunaOut" -LGI



Poster-poster juga bermunculan di jalan-jalan. Semua mendukung STY bertahan di timnas Indonesia. "Bapak orang kolot #HarunaOut." Lalu, "Kami bersamamu Shin Tae-yong, #stystay."

Dukungan kepada STY dan gerakan #HarunaOut dipicu pernyataan Anggota Exco PSSI Haruna Soemitro dalam wawancara dengan sebuah podcast.

Haruna melontarkan kritikan tajam kepada Shin Tae-yong. Menurutnya, Shin Tae-yong bukanlah sosok yang istimewa. Sebab, prestasi yang dia berikan sama saja dengan pelatih timnas Indonesia sebelum-sebelumnya yang juga gagal meraih trofi Piala AFF sehingga hanya keluar sebagai runner-up.

Sontak cuplikan video yang beredar di media sosial membuat netizen kepanasan. Bahkan netizen mengeluarkan tagar #HarunaOut, meminta Haruna untuk keluar dari PSSI. Tagar tersebut pun hingga kini masih trending di media sosial Twitter.

Meski dicibir banyak netizen, Haruna memilih tutup mulut. Karena menurutnya, para netizen yang mencibirnya itu tidak mengerti dengan konteksnya. Exco PSSI itu memilih untuk tidak berkomentar dengan dalih merasa diuntungkan lantaran mengurangi dosanya.

“Enggak perlu ditanggapi. Kalau banyak orang yang ngomongin tetapi tidak paham dengan konteksnya kan bagus bisa ngurang-ngurangin dosa,” kata Haruna ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (17/1/2022).

Tidak heran jika banyak netizen yang kepanasan atas pernyataan yang dilontarkan Haruna ke Shin Tae-yong. Sebab, juru taktik asal Korea Selatan itu dinilai berhasil membuat permainan Skuad Garuda mengalami peningkatan.

Timnas Indonesia memang keluar sebagai runner-up di Piala AFF 2020 setelah kalah agregat 2-6 dari Thailand. Sehingga membuat Timnas Indonesia menambah gelar runner-up di ajang tersebut menjadi enam kali.

Namun perlu dicatat, Skuat Garuda yang berlaga di sana mayoritas diisi oleh para pemain muda. Maka dari itu banyak netizen yang kepanasan ketika Haruna mengkritik kinerja Shin Tae-yong. Karena mereka yakin akan regenerasi Timnas Indonesia akan cerah di bawah arahan STY.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)