Sejumlah Negara Boikot Olimpiade Beijing 2022, Indonesia Belum Pastikan Kirim Wakil

Selasa, 25 Januari 2022 - 22:30 WIB
loading...
Sejumlah Negara Boikot Olimpiade Beijing 2022, Indonesia Belum Pastikan Kirim Wakil
Sejumlah negara memastikan tidak akan mengirimkan atletnya pada perhelatan Olimpiade Musim Dingin di Beijing, China, yang dimulai pada 4 Februari 2022. Apakah Indonesia termasuk? Foto: news.cgtn
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara memastikan tidak akan mengirimkan atletnya pada perhelatan Olimpiade Musim Dingin di Beijing, China, yang dimulai pada 4 Februari 2022. Apakah Indonesia termasuk?



Mereka tidak mengirimkan kontingennya sebagai protes terhadap pelanggaran hak asasi di China. Sebab, sekitar satu juta orang Uighur telah ditahan di kamp-kamp penahanan massal.

Yang sudah memastikan memboikot ajang ini, diantaranya Amerika Serikat (AS), Jerman, Australia, Kanada, Denmark, Inggris, Jepang, dan beberapa negara lainnya.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia yang sejatinya mendapat undangan di event empat tahunan itu? Apakah, akan tetap mengirimkan atletnya, itu yang masih belum diketahui

Hingga berita ini diturunkan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali belum memberikan keterangan. Apakah akan mengirimkan lagi kontingen seperti pada 2018 di Korea Selatan, juga belum ada tanggapan.

Ketua Komisi X DPR RI, H. Syaiful Huda turut menanggapi polemik ini. Dia menegaskan terkait Olimpiade Musim Dingin di China, sebaiknya event olahraga jangan terlalu didominasi kepentingan politik tertentu.

"Terkait dengan isi boikot Olimpiade Musim Dingin di China oleh beberapa negara, saya kira semestinya ruang diplomasi politiknya perlu di dorong termasuk pemerintah China, agar penyenggaraan olahraga jangan terlalu didominasi oleh kepentingan politik tertentu," ujarnya.

Syaiful menyatakan belum bisa memastikan apakah Indonesia akan mengirimkan atlitnya ke China. Sebab, masih harus menunggu kondfirmasi dulu dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

"Tapi, mungkin nanti dikonfirmasi lagi dengan teman-teman di KOI, apakah mengirimkan atlet atau tidak ke acara tersebut," ujar anggota DPR yang membidangi Pendidikan, Olahraga, dan Sejarah, ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2096 seconds (0.1#10.140)