Bundesliga Terbitkan Pedoman Menggelar Laga Tanpa Penonton

Jum'at, 24 April 2020 - 06:01 WIB
loading...
Bundesliga Terbitkan Pedoman Menggelar Laga Tanpa Penonton
Otoritas Bundesliga Jerman dikabarkan bakal menerbitkan pedoman melaksanakan pertandingan tanpa penonton. Foto: The Sun
A A A
MUNICH - Sinyal untuk melanjutkan kompetisi sepak bola tanpa penonton semakin terlihat. Otoritas Bundesliga Jerman dikabarkan bakal menerbitkan pedoman melaksanakan pertandingan tanpa penonton. Apa saja isinya?

Dikutip The Sun, setiap pertandingan Bundesliga digelar nantinya akan melibatkan paling banyak 322 orang yang terbagi dalam tiga zona, termasuk 22 pemain yang bertanding di Zona 1, serta perangkat pertandingan, petugas VAR, medis, ofisial, jurnalis, marshall, dan polisi.

Zona pertama meliputi 22 pemain di lapangan, lima tim wasit, tiga jurnalis foto, empat ball boy (anak gawang), 15 teknisi VAR, dan staf pelatih maksimum 20 orang pada masing-masing bench. Zona 1 merupakan area paling ketat diawasi.

Dalam pedoman yang sama, diatur mengenai Zona 2 yang meliputi area lorong stadion, kamar ganti, ruang media, ruang konferensi pers, dan area stadion lain. Di zona tersebut akan bertuga sebanyak dua petugas test doping, 10 petugas keamanan, 10 jurnalis tulis, 23 kru televisi, 19 teknisi VAR, 12 delegasi tim (home dan away), dua petugas pemadam kebakaran, empat polisi, empat petugas medis, dan delapan staff klub.

Terakhir, di zona 3 yang meliputi sisi luar stadion hingga pagar pembatas, akan ditempatkan 50 petugas keamanan, 14 kru televisi, 37 teknisi VAR, dan 8 staff stadion. Jumlah tersebut tidak bisa ditawar karena merupakan angka maksimal yang dirumuskan Bundesliga untuk mengurangi risiko kerumunan.

Rincian dari pedoman tersebut dianggap sebagai sinyal bahwa kompetisi sepak bola di Jerman, Bundesliga, siap melanjutkan sisa musim tanpa penonton. Pedoman yang sama kemungkinan bakal diterbitkan di liga-liga top Eropa lain seperti Premier League (Inggris), La Liga (Spanyol) dan Serie A (Italia).
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)