Tekuk Benfica, Barca lanjutkan rekor kemenangan

Rabu, 03 Oktober 2012 - 04:13 WIB
Tekuk Benfica, Barca lanjutkan rekor kemenangan
Tekuk Benfica, Barca lanjutkan rekor kemenangan
A A A
Sindonews.com - Barcelona berhasil meraih poin sempurna dengan mengalahkan Benfica dengan skor 0-2 di Lisbon, pada laga kedua babak kualifikasi Liga Champions, Rabu (3/10/2012). Dua gol kemenangan Barcelona dicetak oleh Alexis Sanchez dan Cesc Fabregas yang melanjutkan trend positif Barca untuk belum terkalahkan pada semua kompetisi baik itu di La Liga maupun di Liga Champions.

Memasuki babak pertama kedua tim langsung bermain terbuka, Benfica selaku tuan rumah dapat bermain lepas dan mampu membuka peluang pada menit ke dua setelah Bruno Cesa mampu melesatkan tendangan jarak jauh namun masih dapat ditepis kiper Barcelona Vistor Valdes. Tak ingin begitu saja ditekan, Barcelona justru unggul lebih dulu pada menit ke enam setelah akselerasi Lionel Messi di sisi kiri pertahanan Benfica membuatnya mampu memberikan umpan matang kepada Alexis Sanchez.

Sanchez yang sudah berada di depan gawang langsung menyontek bola untuk mengubah skor menjadi 0-1 untuk keunggulan Barcelona. Selanjutnya Benfica yang didukung oleh ribuan fans tuan rumah langsung menekan pertahanan Barcelona yang digawangi Puyol. Buktinya pada menit 10, Lima berpeluang menyamakan kedudukan setelah mampu masuk ke kotak penalti Barca. Tapi tendangannya masih dapat digagalkan Valdes.

Selanjutnya berkali-kali Benfica mampu menciptakan peluang emas namun belum bisa dimaksimalkan untuk menjadi sebuah gol. Pertandingan yang berlangsung dengan tempo cepat membuat pemain dari kedua tim tak terlepas dari benturan keras. Fabregas menjadi pemain pertama yang mendapatkan kartu kuning pada menit ke 17 setelah melanggar Savio.

Pada menit ke 20 melalui umpan satu dua Sanchez yang kembali menusuk pertahanan dari Benfica pada sektor kiri berhasil memberikan umpan matang kapada Messi, namun sayang tendangan pemain timnas Argentima itu masih dapat ditepis oleh penjaga gawang Benfica Artur. Selanjutnya giliran Alexis yang mampu menerima umpan jauh dan terlepas dari perangkap offside mampu menciptakan peluang emas tapi sekali lagi gagal.

Hingga akhirnya babak pertama kedua tim yang saling bertukar serangan pada masa injury time, kedudukan tidak berubah masih tetap 0-1 untuk kemenangan sementara Barcelona. Pada babak kedua tim tuan rumah tampak menurunkan sedikit tempo permainan untuk menemukan celah pada lini pertahan Barcelona, dan pelatih Benfica Jorge Jesus melakukan perubahan dengan melakukan pergantian Bruno Cesar dengan Carlos Martin.

Pada awal babak kedua peluang pertama justru didapatkan oleh tim tamu terlebih dulu melalui Alexis yang menerima umpan dari Messi, beruntung Artur mampu mengantisipasi dengan mampu lebih dulu mengamankan bola. Benfica juga bukan tanpa peluang melalui serangan balik pada menit ke 54, Gaitan memberikan tekanan kepada pertahanan Barcelona.

Kesulitan mendapatkan serangan balik dari Benfica, Barca justru memperbesar keunggulan pada menit ke 55 setelah Messi yang melesatkan tendangan keras yang tidak bisa diantisipasi oleh Artur langsung diteruskan oleh Fabregas untuk mengubah skor menjadi 0-2 untuk Barca. Tak ingin Barcelona kembali menambah gol, Benfica melakukan pergantian pemain untuk menambah daya serang dengan memasukkan Pablo Aimar.

Keunggulan Barca harus dibayar mahal pada menit ke 77 ketika sedang menyerang dan mendapatkan tendangan penjuru, Puyol yang baru kembali dari cedera mencoba memenangkan duel udara namun ketika jatuh posisi pemain timnas Spanyol itu tidak sempurna yang membuat tangan kirinya tampak patah. Hal ini membuat kemungkinan besar Puyol akan absen pada laga El Clasico,

Keluarnya Puyol digantikan oleh Alex Song yang bertugas sebagai gelandang bertahan, kondisi ini membuat Benfica semakin gencar melakukan serangan. Di tambah meningkatnya tekanan menjelang akhir permainan membuat Busquets mendapatkan kartu merah usai melanggar pemain Benfica. Kondisi ini semakin membuat Pablo Aimar semakin leluasa mengatur serangan namun hingga peluit tanda berakhir laga skor tidak berubah 0-2 untuk kemenangan Barcelona.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7188 seconds (0.1#10.140)