SIWO Harus Mampu Mengawal dan Mengawasi Penerapan DBON

Senin, 07 Februari 2022 - 22:38 WIB
loading...
SIWO Harus Mampu Mengawal dan Mengawasi Penerapan DBON
Mahfudin Nigara selaku Staf Khusus Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga Kemenpora menuturkan bahwa SIWO PWI harus memiliki peran dalam DBON menjadi lebih berprestasi / Foto: Kemenpora
A A A
KENDARI - Mahfudin Nigara selaku Staf Khusus Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga Kemenpora , mengatakan bahwa dukungan Seksi Wartawan Olahraga Indonesia (SIWO) tak hanya bisa diberikan lewat tulisan dan berita yang didistribusikan pada masyarakat, tapi juga dalam bentuk mengawal kebijakan pemerintah daerah dalam mengembangkan olahraga. Salah satunya upaya untuk mengawal dan mengawasi penerapan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di tengah-tengah masyarakat.

DBON merupakan program unggulan Kemenpora yang diharapkan bisa memecahkan kebuntuan mengenai prestasi olahraga nasional di level dunia. Pasalnya, selama ini hanya cabang olahraga bulu tangkis yang memiliki program itu, sedangkan cabor lainnya tidak.

BACA JUGA: Siapa Alexander Isak? Pemain yang Bikin Karier Ronaldo Terancam di MU

Lewat DBON, pemerintah membuat pabrik atlet dengan target berprestasi di Olimpiade. Nigara menuturkan bahwa SIWO PWI harus memiliki peran dalam DBON menjadi lebih berprestasi.

Itu disampaikannya saat menghadiri acara Rakernas SIWO PWI di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (7/2/2022). “SIWO harus punya peran dalam DBON, sebagai dewan pengawas. Ini momen emas untuk SIWO agar bisa berperan dalam mendukung olahraga Indonesia menjadi lebih berprestasi,” kata Mahfudin Nigara dalam keterangan persnya.

BACA JUGA: Hasil NBA 2021/2022 Senin (7/2/2022) WIB: Bulls Keok, Bucks Merajalela di Markas Clippers

“DBON ini dirancang oleh para pakar, dan sudah ada Inpres-nya. Jadi, ini bukan sekedar program. Namun, tentu perlu dukungan total dari pemerintah daerah di Indonesia agar DBON benar-benar bisa diterapkan dan mencapi tujuan yang diinginkan. Di situlah SIWO harus bisa berperan, mengawal kebijakan pemerintah daerah untuk mengembangkan olahraga,” sambung Nigara.

"Dunia olahraga kita saat ini bersyukur karena Menpora Zainudin Amali adalah menteri yang sungguh-sungguh paham olahraga. Maka, ketika awal beliau mengatakan akan membuat pabrik atlet, saya merasa takjub. Inilah yang belum pernah disentuh selama ini," imbuh wartawan olahraga senior.

Sekadar informasi, Rakernas SIWO PWI di Kendari dibuka oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dan dihadiri oleh perwakilan SIWO dari seluruh Indonesia. Dijadwalkan pada Selasa (8/2), Menpora Zainudin Amali akan melakukan penandatanganan kerjasama dengan PWI terkait DBON.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)