Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Suriname: Nomor 3 Berdarah Jawa Pengin Bela Timnas

Senin, 14 Februari 2022 - 15:30 WIB
loading...
Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Suriname: Nomor 3 Berdarah Jawa Pengin Bela Timnas
Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Suriname: Nomor 3 Berdarah Jawa Pengin Bela Timnas/golfsingleplayer/FIFA
A A A
Pemain keturunan Indonesia berdarah Suriname cukup banyak yang memiliki kewarganegaraan Belanda. Setidaknya ada lima pemain keturunan Indonesia yang memiliki garis keturunan Suriname dan Belanda.

Dari lima pemain keturunan Indonesia berdarah Suriname yang paling terkenal adalah Ruud Gullit. Empat pemain keturunan Indonesia berdarah Suriname lainnya adalah Neraysho Kasanwirjo, Leroy Reodihardjo, Darren Sidoel, dan Jairo Riedewald.

1. Ruud Gullit
Penggemar sepak bola era 80 dan 90an pasti mengenal sosok pemain yang tampil dengan rambut gimbal yang dikepang, Ruud Gullit. Ya, Ruud Gullit adalah pemain keturunan Indonesia berdarah Suriname

Baca Juga: Utak-atik Posisi Sandy Walsh Dimainkan di Mana oleh Shin Tae-yong

George Gullit, ayah Ruud Gullit, kelahiran Suriname tapi memiliki darah keturunan Maluku. Ruud Gullit bahkan pernah ke Indonesia untuk mengunjungi negeri leluhurnya di Ambon, Maluku pada 2015.

Sejumlah klub besar pernah dibela Ruud Gullit dari Feyenoord, PSV Eindhoven, hingga AC Milan. Ruud Gullit mampu membawa AC Milan meraih titel Liga Italia Serie A pada musim 1987/1988, 1991/1992, dan 1992/1993. Di level negara, Ruud Gullit membawa Belanda juara Piala Eropa 1988 bersama Marco Van Basten dan Frank Rijkaard.

2. Leroy Gerald Resodihardjo
Nama yang asing bagi telinga penggemar sepak bola Indonesia. Namun, Leroy Resodihardjo merupakan pemain keturunan Indonesia berdarah Jawa dan Suriname.
Namun, kini, Leroy Resodihardjo sudah pensiun dari sepak bola dengan klub terakhir yang dibelanya Smitshoek pada 1 Juli 2021. Leroy yang pensiun di usia 34 tahun itu pernah membela sejumlah klub seperti ADO Den Haag dan Almere City.

3. Darren Sidoel
Dari namanya Sidoel, penggemar sepak bola di Indonesia pasti mengira dia pemain keturunan Indonesia. Dan, benar adanya. Darren Sidoel pemain keturunan Indonesia yang juga berdarah Suriname dan Belanda. Darren Sidoel yang berposisi sebagai gelandang bertahan saat ini membela klub Liga Super India East Benggala.

Sidoel merupakan keturunan Indonesia berdarah Jawa dan Suriname. Darah Jawa, tepatnya Wonosobo, mengalir dalam dirinya. Sidoel pernah mengungkapkan keinginnya membela Timnas Indonesia tapi saat ini masih fokus di klub.

4. Neryasho Kasanwirjo
Neraysho Kasanwirjo disebut-sebut pemain keturunan Indonesia berdarah Jawa dan Suriname. itu merujuk pada nama belakangnya, yakni Kasanwirjo yang berunsur Jawa.
Pemain yang berposisi bek dan bek tengah itu masih berusia 19 tahun dan potensial membela Timnas Indonesia di masa depan. Saat ini, Kasanwirjo membela klub FC Groningen. Dari data dari Transfermarkt, harga pasar Kasanwirjo lumayan tinggi di angka Rp17,38 miliar.

Baca Juga: Jordi Amat Antusias Ngobrol tentang Indonesia Bersama Kakek dan Neneknya

5. Jairo Riedewald
Pemain yang cukup asing bagi fans sepak bola di Indonesia. Jairo Riedewald pemain keturunan Indonesia yang sekarang bermain untuk Crystal Palace di Liga Inggris. Riedewald memiliki darah Suriname dan Indonesia dalam tubuhnya.

Darah Suriname mengalir dari ayahnya sedangkan ibunya merupakan seorang yang memiliki darah Belanda dan Indonesia. Bek berusia 25 tahun tersebut memperkuat Crystal Palace sejak 24 Juli 2017 lalu setelah bermain dengan Ajax Amsterdam selama empat tahun.
(aww)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1961 seconds (10.101#12.26)