Piala AFF U-23 2022: Junjung Sportivitas, Timor Leste Berbagi Medali Perunggu dengan Laos

Minggu, 27 Februari 2022 - 01:03 WIB
loading...
Piala AFF U-23 2022: Junjung Sportivitas, Timor Leste Berbagi Medali Perunggu dengan Laos
Timor Leste U-23 melakukan aksi yang patut dicontoh di dunia olahraga/Foto/twitter
A A A
PHNOM PENH - Timor Leste U-23 melakukan aksi yang patut dicontoh di dunia olahraga. Demi menjunjung tinggi sportivitas, Timor Leste rela membagi medali perunggu Piala AFF U-23 2022 bersama timnas Laos U-23.

Pertandingan perebutan tempat ketiga Piala AFF U-23 2022 antara Laos vs Timor Leste direncanakan digelar di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Sabtu (27/2/2022) sore WIB. Tapi, laga tersebut tak jadi digelar.



Laos tak memiliki pasukan yang cukup untuk memainkan pertandingan tersebut yakni tinggal tujuh pemain saja. Hal itu disebabkan karena banyak penggawa mereka yang terpapar Covid-19 dan juga cedera.

Dengan begitu, semestinya Timor Leste otomatis menyabet tempat ketiga. Namun, mereka mengusulkan untuk membagi medali perunggu dengan Laos karena alasan sportivitas.



Kemudian, Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF), menerima usulan tersebut. Alhasil, Timor Leste dan Laos dinobatkan menjadi juara tiga bersama Piala AFF U-23 2022.

Aksi luar biasa The Crocodile –julukan Timor Leste- itu pun sangat dihargai oleh Presiden AFF, Khiev Sameth. Sameth sangat berterima kasih atas tindakan sportivitas yang melambangkan solidaritas yang terjalin antar anggota AFF itu.

“Ini adalah sikap yang benar-benar murah hati dari Timor Leste. Saya ingin berterima kasih kepada Tuan Francisco Jeronimo, Presiden Federasi Timor Leste, untuk memperpanjang tawaran hari ini segera setelah mengetahui bahwa Laos harus mundur,” kata Khiev dilansir dari laman resmi AFF, Sabtu (27/2/2022).

Timor Leste membuat kejutan di Piala AFF U-23 2022 ini. Mereka di luar dugaan berhasil menjadi juara Grup A mengalahkan Kamboja, Filipina dan Brunei Darussalam.

Namun, penampilan apik Timor Leste terhenti pada babak semifinal. Mereka tumbang di tangan Vietnam lewat drama adu penalti yang berakhir dengan skor 3-5 usai bermain imbang tanpa gol selama 120 menit.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)