Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang Hari Ini, Target 5 Hari Selesai

Sabtu, 05 Maret 2022 - 23:01 WIB
loading...
Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang Hari Ini, Target 5 Hari Selesai
Pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika dimulai, Sabtu (5/3/2022)/Foto/Twitter
A A A
MANDALIKA - Pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika dimulai, Sabtu (5/3/2022). Pengerjaan dari tikungan 16,5 atau antara tikungan 16 menuju tikungan 17 dan ditarget selesai pada 10 Maret mendatang, sebelum MotoGP Indonesia 2022 digelar.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menjelaskan, pengaspalan dimulai setelah proses pengelupasan lintasan sedalam 4 sentimeter selesai dilakukan. Lintasan sirkuit akan dilapisi aspal yang menggunakan teknologi Stone Matic Asphalt (SMA).



“Sebelumnya sudah dilakukan simulasi atau uji coba kimia pengikat dicampur dengan aspal dan kerikil. Kami menargetkan pengaspalan selesai 10 Maret dan berupaya bisa merampungkan dengan sempurna,” kata Priandhi dalam rilis resmi MGPA, Sabtu (5/3/2022).

MGPA bekerjasama dengan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), konsultan dan PT Pembangunan Perumahan. Pengaspalan ulang ini juga sudah dikoordinasikan kepada Dorna dan FIM.



Sementara, Track and Race Control Supervisor MGPA, Awallutfi Andhika juga menjelaskan pengaspalan ulang ini akan terbagi dalam lima segmen. Setiap segmen bervariasi jaraknya karena ada trek lurus dan tikungan yang berbeda.

Sebagai rincian, pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika dilakukan dari tikungan 17 sampai tikungan 5. Total jarak yang diaspal ulang mencapai 1,6 kilometer yang ditargetkan akan selesai pada tanggal 10 Maret 2022.

“Targetnya selesai tanggal 10 Maret,” jelas Awallutfi.

Setelah pengaspalan ulang selesai, lintasan akan dibersihkan dengan track jet dan sweeper. Grip test juga akan dilakukan secara makro untuk tekstur dan kepadatan aspalnya yang melibatkan RMI, R3 dan desainer sirkuit MRK1

Selain pengaspalan ulang lintasan, MGPA juga membenahi fasilitas lain, seperti pengerjaan tribun penonton di area Hospitality Suite VIP Village, grandstand dan Royal Box. Semua ditargetkan selesai sebelum balapan berlangsung.

Balapan MotoGP Mandalika 2022 akan berlangsung pada 18 Maret 2022 mendatang. Sebelum itu, para pembalap akan terlebih dahulu bersaing di Sirkuit Internasional Losail, Qatar pada 6 Maret 2022.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)