Inilah 4 Petinju Terbaik Ukraina yang Mengguncang Jagat Tinju

Rabu, 09 Maret 2022 - 13:37 WIB
loading...
Inilah 4 Petinju Terbaik Ukraina yang Mengguncang Jagat Tinju
Inilah 4 Petinju Terbaik Ukraina Guncang Jagat Tinju/The Sun
A A A
Empat petinju terbaik Ukraina yang mengguncang jagat tinju dunia akan tercatat dalam sejarah setelah menjadi juara dunia. Vitali Klitschko, Wladimir Klitschko, Oleksandr Usyk dan Vasiliy Lomachenko menjadi petinju Ukraina yang ditakuti di kelasnya masing-masing.

Vitali Klitschko dan Wladimir Klitschko tercatat pernah menjadi raja kelas berat di era kejayaannya. Kejayaan duo Klitcshko di kelas berat kini diteruskan Oleksandr Usyk yang menjadi juara dunia. Sedangkan Vasiliy Lomachenko pernah menjadi raja kelas ringan. Berikut 4 petinju terbaik Ukraina yang mengguncang jagat tinju :

1. Vitali Klitschko
Vitali Klitschko adalah petinju pertama Ukraina yang menjadi juara dunia kelas berat pada 1999. Vitali mengharumkan nama Ukraina setelah menaklukkan Herbie Hide di London Arena, Inggris pada 26 Juni 1999.
Vitali yang memiliki postur 201 cm merebut sabuk juara kelas berat WBO dalam pertarungan yang dijadwalkan 12 ronde. Vitali yang kini berusia 50 tahun menang KO ronde 2 atas Herbie Hide.



Sayang, Vitali tidak sampai setahun menikmati gelar juara dunia setelah kehilangan sabuk juaranya. Vitali harus menyerah kepada Chris Byrd karena mengalami ceedra bahu yang membuat sabuk juara WBO menjadi milik Chris Byrd dalam duel 1 April 2000.

Vitali harus berjuang dari Eropa untuk kembali menjadi juara dunia kelas berat saat melawan Corrie Sanders. Vitali menjadi raja kelas berat WBC dengan mengalahkan Sanders melalui kemenangan TKO ronde 8 pada 24 April 2004.

Vitali mengakhiri kariernya dengan status juara setelah menaklukkan Mahmoud Charr pada 8 September 2012. Vitali menang TKO ronde 4 untuk mempertahankan sabuk WBC. Setelah pensiun dari tinju, Vitali terjun ke dunia politik dengan terpilih menjadi wali kota Kiev, Ukraina. Petinju kelahiran Belovodskoye, Kyrgyzstan itu kembali terpilih sebagai wali kota hinga pecahnya perang Rusia vs Ukraina.

Vitali berdiri di garis terdepan mengangkat senjata melawan invasi Rusia bersama atlet Ukraina lainnya. Bahkan, Vitali mengaku telah banyak membunuh tentara Rusia yang kocar-kacir dalam pertempuran mempertahankan ibu kota Kiev.

2. Wladimir Klitschko
Wladimir Klitschko adalah adik kandung Vitali klitschko yang pernah menjadi raja kelas berat. Wladimir yang kini berusia 45 tahun pernah mendominasi kelas berat di Eropa selepas meraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996.

Empat tahun setelah merebut medali emas Olimpiade, Wladimir menghentak dunia ketika menjadi juara dunia kelas berat WBO. Wladimir menaklukkan Chris Byrd dengan kemenangan angka pada 14 Oktober 2000.

Setelah lima kali mempertahankan gelarnya, Wladimir yang merupakan kelahiran Zhangiztobe, Kazakhstan, harus melepas sabuk juaranya ketika dikalahkan Corrie Sanders. Wladimir kalah TKO ronde 2 dalam duel di Hannover, Jerman pada 8 Maret 2003.

Wladimir harus menunggu tiga tahun untuk kembali menjadi raja kelas berat ketika untuk kedua kalinya menaklukkan Chris Byrd. Dalam duel kedua, Wladimir menaklukkan Chris Byrd dengan TKO ronde ronde 7 pada 22 April 2006 untuk merebut sabuk WBO yang lowong dan IBF.

Sejak saat itu, hegemoni Wladimir tidak ada yang mampu menghentikannya hingga 2015. Adalah Tyson Fury yang menjadi petinju pertama yang menaklukkannya dengan angka pada 28 November 2015. Wladimir kehilangan semua gelarnya WBA, WBO, IBF, dan IBO yang direbut Tyson Fury.

Dua tahun vakum setelah kehilangan sabuk juaranya dari Tyson Fury, petinju kelahiran Zhangiztobe, Kazakhstan, itu kembali naik ring. Wladimir mencoba merebut sabuk juaranya saat melawan Anthony Joshua. Sayang, Wladimir kembali gagal setelah kalah TKO ronde 11 pada 29 April 2017.

Sejak itu, Wladimir menggantung sarung tinju hingga saat ini dengan rekor ring 64-5-0 (53 menang KO. Wladimir bersama Vitali sama-sama angkat senjata melawan invasi Rusia ke Ukraina.

3. Oleksandr Usyk
Oleksandr Usyk meneruskan kejayaan Klitschko bersaudara di kelas berat dengan menyandang juara dunia WBA, WBO, IBF, IBO. Usyk menjadi raja kelas berat dengan menaklukkan Anthony Joshua pada 25 September 2021 di Stadion Tottenham Hotspur, Inggris.

Usyk yang berusia 35 tahun memiliki keistimewaan pada gaya kidalnya yang membuat Joshua kelimpungan. Dengan tinggi 191 cm, petinju kelahiran Syphyntsi, Ukraina itu mengguncang jagat tinju kelas berat yang didominasi Anthony Joshua dan Tyson Fury.

Usyk tercatat sebagai petinju ketiga asal Ukraina yang berhasil menjadi juara kelas berat setelah Klitschko Bersaudara. Usyk mengalahkan Anthony Joshua dengan kemenangan angka mutlak 117-112, 116-112 dan 115-113 di Stadion Tottenham Hotspur.

Sebelum menjadi juara kelas berat, nama Usyk merajalela di kelas penjelajah dengan status tak terbantahkan. Juara Olimpiade itu menahbiskan diri sebagai raja kelas penjelajah WBO setelah menang angka atas Krzysztof Glowacki pada 17 September 2016.

Usyk menambah sabuk juara WBC kelas penjelajah dengan mengakhiri perlawanan Mairis Breidis pada 27 Januari 2018. Petinju cerdas itu menegaskan diri sebagai juara kelas penjelajah tidak terbantahkan saat menang atas Murat Gassiev untuk merebut sabuk WBO, WBC, IBF dan WBA. Catatan ring Oleksandr Usyk sangat mengesankan dengan 19-0 (13 menang KO).

Usyk kini ikut mengokang senjata dalam perang Rusia vs Ukraina yang membuat negerinya hancur. Usyk berperang di garis terdepan untuk membendung invasi Rusia yang meluluh-lantakkan Ukraina.

4. Vasiliy Lomachenko
Vasiliy Lomachenko dikenal sebagai petinju jenius dengan pola latihan yang out of the book alias tidak biasa. Lomachenko yang berusia 34 tahun tercatat pernah menjadi raja tinju kelas ringan WBO, WBC, dan WBA.

Sebelum menjadi juara kelas ringan, Loma --panggilan Vasiliy Lomachenko--pernah menjadi penguasa sabuk kelas bulu IBF pada 2014. Loma merebut sabuk kelas bulu IBF yang lowong setelah menaklukkan Gary Allen Russell Jr. pada 21 Juni 2014.



Loma mempertahankan gelarnya hingga 3 kali sebelum berpindah ke kelas bulu super. Loma menjadi juara kelas bulu super WBO dengan menaklukkan Romulo Koascha dengan kemenangan KO di ronde 10 pada 7 November 2015.

Lima kali Loma mampu mempertahankan gelarnya tersebut untuk kemudian berpindah ke kelas ringan super. Loma mencatatkan diri sebagai penguasa kelas ringan super WBA dengan menang TKO ronde 10 atas Jorge Linares pada 12 Mei 2018.

Loma menambah gelar setelah menang angka atas Jose Pedrasa dalam perebutan sabuk juara kelas ringan WBO pada 8 Desember 2018. Sayang, dominasi Lomachenko dihentikan Teofimo Lopez melalui pertarungan brutal yang membuatnya kehilangan semua sabuk juaranya pada 17 Oktober 2020.

Selama menjalani karier tinju profesional, Lomachenko memiliki rekor ring 16-2-0 (11 menang KO). Kini, Lomachenko ikut mempertaruhkan nyawa demi negerinya, Ukraina yang diinvasi Rusia. Lomachenko bergabung mengangkat senjata menjadi tentara pertahanan teritorial untuk mempertahankan negerinya.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)