Michelin Siapkan Ban Modifikasi Khusus di MotoGP Indonesia 2022

Kamis, 17 Maret 2022 - 11:01 WIB
loading...
Michelin Siapkan Ban Modifikasi Khusus di MotoGP Indonesia 2022
Michelin selaku pemasok ban MotoGP sudah menyiapkan modifikasi khusus untuk para pembalap jelang tampil di Sirkuit Internasional Mandalika, 18-20 Maret 2022. Ini didasari dari tes pramusim bulan lalu / Foto: autosports
A A A
LOMBOK - Michelin selaku pemasok ban MotoGP sudah menyiapkan modifikasi khusus untuk para pembalap jelang tampil di Sirkuit Internasional Mandalika, 18-20 Maret 2022. Ini didasari dari tes pramusim bulan lalu.

Manajer Michelin Motorsport Piero Taramasso menjelaskan bahwa dari hasil tes di Sirkuit Mandalika, bulan lalu, ada kekurangan dari ban yang digunakan. Karena itum untuk memanjakan sirkus MotoGP, perusahaan ban asal Prancis ini akan memasang casing khusus.

BACA JUGA: Konvoi di Jakarta, Pembalap MotoGP Sapa Antusiasme Fans di Sepanjang Jalan

Didapati bahwa kelebihan dari kompon ban yang digunakan saat tes memiliki tingkat cengkeraman yang baik. Namun perlu adanya kontrol suhu secara efektif mengingat panas di Lombok yang tinggi.

Pihak Michelin percaya bahwa modifikasi yang diberikan dapat membuat balapan semakin menarik. Apalagi mereka tahu bahwa sirkuit ini sedang di aspal.

BACA JUGA: 2 Hari Lagi MotoGP Mandalika Digelar, Partai Perindo: Sinyal Indonesia Bangkit Selenggarakan Event Internasional

“Hari-hari pengujian di sini sangat positif dari perspektif ban, tetapi kami segera menyadari bahwa karena kombinasi permukaan lintasan baru, tata letak yang cepat, dan suhu tinggi, ban terlalu tertekan dan terlalu panas,” kata Taramasso dikutip laman Crash, pada Rabu (16/3/2022).

“Sebagai hasilnya, kami telah memodifikasi alokasi untuk balapan akhir pekan. Kami akan mempertahankan kompon yang sama yang selama tes memberikan tingkat cengkeraman dan konsistensi yang sangat baik, tetapi kami telah menempatkannya pada casing khusus yang dirancang untuk mengontrol suhu secara lebih efektif,” lanjutnya.



"Dengan solusi ini saya merasa lebih percaya diri untuk balapan, dan fakta bahwa trek telah diaspal lagi, juga akan membantu,” tandasnya.

Perubahan casing, dikombinasikan dengan pelapisan ulang trek 25% sejak tes. Ini berarti tidak jelas seberapa efektif set-up motor yang disempurnakan pada tes ketika pengendara turun ke trek.

Prakiraan cuaca menunjukkan ban basah Michelin , tersedia dalam kompon lunak dan menengah, juga kemungkinan besar akan digunakan selama akhir pekan.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)