7 Momen Bersejarah MotoGP Indonesia 2022: Nomor 5 Sial di Tikungan 13

Senin, 21 Maret 2022 - 07:02 WIB
loading...
7 Momen Bersejarah MotoGP Indonesia 2022: Nomor 5 Sial di Tikungan 13
Sejumlah drama tercipta di MotoGP Indonesia 2022, selain Miguel Oliveira juara dan kecelakaan hebat Marc Marquez/Foto/sindonews.com
A A A
LOMBOK - Pembalap Red Bull KTM Miguel Oliveira menjadi rider MotoGP pertama juara di Sirkuit Mandalika usai memenangi MotoGP Mandalika 2022 , Minggu (20/3/2022) sore WIB. Banyak drama tercipta, selain kecelakaan hebat yang dialami pembalap Repsol Honda Marc Marquez.

Oliviera menjadi yang terdepan usai mengalahkan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco. Faktanya, Oliveira memang jago menaklukkan sirkuit anyar.



Sepanjang era MotoGP, tercatat ada tiga nama yang berhasil menjadi pemenang di sirkuit anyar. Mereka adalah Marc Marquez, Andrea Iannone dan Miguel Oliveira.

The Baby Alien –julukan Marquez- menjadi yang terbaik dengan tiga kali menang di trek baru. Ketiganya masing-masing didapatkan pada MotoGP Amerika 2013 di Circuit of the Americas, MotoGP Argentina 2014 di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, dan terakhir pada MotoGP Thailand 2018 yang digelar di Sirkuit Internasional Chang.



Kemudian, Iannone pernah sekali keluar sebagai pemenang di sirkuit baru. Saat masih berseragam Ducati, dia sukses meraih kemenangan pada MotoGP Austria 2016 di Sirkuit Red Bull Ring.

Sementara Oliveira, juga sekali memenangkan balapan yang digelar di trek anyar. Pembalap asal Portugal itu menyabet kemenangan di depan publiknya sendiri di Sirkuit Internasional Algarve pada MotoGP Portimao 2020.

Pada MotoGP Mandalika 2022, rider tim pabrikan KTM itu kembali membuktikan diri bahwa dirinya handal ketika melaju di atas aspal anyar. Dia menang di trek sepanjang 4,31 km itu, unggul 2,205 detik dari Fabio Quartararo yang membuntutinya di posisi kedua.

Bahkan, pembalap berusia 27 tahun itu tampil sangat dominan sejak awal balapan. Memulai dari posisi tujuh, Oliveira langsung melesat ke urutan tiga terdepan dan sukses menyalip El Diablo –julukan Quartararo- beberapa tikungan setelah balapan dimulai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)