Biodata dan Agama John W Henry, Milyuner Pemilik Liverpool

Selasa, 29 Maret 2022 - 22:30 WIB
loading...
A A A
Dari perdagangan hedge fund yang berisiko, John Henry bertransformasi menjadi orang kaya. Bahkan, nilai kekayaannya mencapai USD840 juta sebelum krisis kredit yang melanda tahun 2007.

John Henry juga diketahui sebagai penggemar olahraga baseball. Dia fans dari St. Louis Cardinals, terutama bintang mereka yaitu Stan Musial. Setelah bisnisnya mulai berkembang, Henry membeli tim Minor League Baseball, yaitu Tucson Toros pada 1989.

Selain itu, pada 1999 Henry juga menjadi pemilik utama dari tim baseball Florida Marlins. Selanjutnya, pada 2001, John Henry bersama beberapa mitranya mendirikan Fenway Sports Group atau FSG sebagai perusahaan untuk bisnis olahraganya.

Beberapa waktu setelahnya, dia menjual Marlins dan membeli tim baseball lainnya yaitu Boston Red Sox bersama mitranya, Tom Werner dan New York Times Company yang dipimpin John Harrington. Dibawah kepemilikan John Henry, Boston Red Sox meraih beberapa gelar World Series.

Pada bulan Oktober 2010, FSG mengambil alih salah satu klub Liga Inggris, yaitu Liverpool FC setelah tahun sebelumnya gagal mendapatkan klub Liga Prancis, Olympique Marseille.

Di Liverpool, John Henry menjadi pemegang saham terbesar. Pada era kepemilikannya, Liverpool sedang menjalani fase terpuruk dan masih dalam puasa gelar Liga Inggris.

Trofi pertama yang didapatkan diera kepemilikannya adalah Piala Carling tahun 2012 saat Liverpool mengalahkan Cardiff City di Wembley Stadium. Beberapa tahun setelahnya, Liverpool berhasil mengakhiri puasa gelar Liga Inggris dan meraih berbagai gelar lainnya, termasuk Liga Champions tahun 2019 setelah mengalahkan Tottenham Hotspur di partai puncak.
(sha)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2467 seconds (0.1#10.140)