Profil Bambang Saptaji: Bintang Futsal Indonesia Pertama Berkarier di Luar Negeri

Kamis, 07 April 2022 - 20:02 WIB
loading...
Profil Bambang Saptaji: Bintang Futsal Indonesia Pertama Berkarier di Luar Negeri
Bambang Saptaji tercatat sebagai salah satu pemain futsal terkemuka di Indonesia/Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Bambang Saptaji tercatat sebagai salah satu pemain futsal terkemuka di Indonesia. Skill dan talenta yang dimiliki membuatnya kerap diincar klub futsal elite nasional. Bahkan dia sempat dikontrak klub futsal mancanegara.

Pemain bernama lengkap Bambang Bayu Saptaji atau biasa disapa BBS itu kerap dipanggil memmperkuat timnas futsal Indonesia untuk mengisi posisi flank.



Sepanjang kariernya sebagai pemain futsal profesional, pemain kelahiran Bogor, 8 September 1992 ini pernah memperkuat beberapa tim futsal Indonesia seperti Electric PLN, Tifosi Bashkara, hingga Vamos Mataram. Terakhir, dia membela tim futsal asal Jakarta, Halus FC.

Selain membela tim futsal Indonesia, Bambang Saptaji pernah bermain di luar negeri kala membela salah satu tim di Liga Futsal China, Dalian Yuan Dynasty pada periode 2014-2015. Pencapaian tersebut menjadikannya pemain futsal Indonesia pertama yang bermain untuk klub luar negeri.



Kehadiran Bambang Saptaji menjadi pembeda bagi klub yang dibelanya. Bersama Electric PLN, dia membawa timnya menjadi runner-up IFL 2011 dan peringkat ketiga IFL 2012. Setelah itu, bersama Tifosi Bashkara, BBS membawa timnya meraih urutan ketiga pada gelaran IFL tahun 2013.

Selain itu, BBS juga membawa Kabupaten meraih medali emas di Porda cabor Futsal tahun 2014. Beberapa tahun setelahnya, bersama Vamos Mataram, dia membawa timnya menjadi runner-up Indonesian Pro Futsal League tahun 2016.

Performa apiknya bersama klub membuat Bambang Saptaji kerap mendapat panggilan timnas futsal Indonesia untuk berlaga di ajang internasional. Tak beda jauh dengan prestasinya di klub, BBS juga menorehkan beberapa prestasi bersama timnas futsal Indonesia dari peringkat 2 Pra Piala Asia 2012, peringkat 3 Kejuaraan AFF Futsal di Thailand tahun 2012, medali perunggu SEA Games Myanmar 2013 cabor futsal, dan peringkat 4 Kejuaraan AFF Futsal Malaysia 2014.

Beberapa waktu yang lalu, Federasi Futsal Indonesia merilis daftar pemain yang mendapat panggilan Timnas untuk mengikuti ajang Kejuaraan AFF Futsal 2022. Namun, dari sekian pemain yang terdaftar, nama Bambang Saptaji tidak termasuk ke dalamnya. Menanggapi hal tersebut, BBS pun menuturkan bahwa pemain yang dipanggil Timnas saat ini adalah pemain terbaik Indonesia, sehingga apa pun keputusannya harus tetap didukung.

AFF Futsal 2022 ini merupakan ajang pertama Bambang Saptaji tidak mendapat panggilan timnas, setelah dirinya selalu ambil bagian dalam beberapa edisi terakhir Piala AFF Futsal sebelumnya.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)