5 Kartini Indonesia yang Mengharumkan Nama Negara di Pentas Olahraga Dunia

Kamis, 21 April 2022 - 13:16 WIB
loading...
A A A
Kartini yang bangsawan asal Rembang, Jawa Tengah, penggerak emansipasi wanita itu adalah sosok yang tangguh.

Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2022 itu mengatakan semangat pantang menyerah Kartini menjadi telah menular ke perempuan Indonesia untuk terus berjuang di bidang masing-masing.

3. Leani Ratri Oktila
5 Kartini Indonesia yang Mengharumkan Nama Negara di Pentas Olahraga Dunia

Leani merupakan atlet penyandang disabilitas cabang bulu tangkis. Meski berkutat di tengah keterbatasan pada kaki dan tangan kirinya, Leani berhasil mengukir prestasi.

Sebut saja saat Asian Para Games 2018. Bersama Khalimatus Sadiyah Sukohandoko, Leani berhasil mempersembahkan emas di nomor ganda putri. Dia juga meraih perak di nomor perorangan.

Leani juga mendapat penghargaan dari Badminton World Federation (BWF) sebagai salah satu pebulu tangkis terbaik dunia 2019 di Guangzhou, China.

Leani menjadi satu-satunya pebulutangkis Indonesia yang meraih itu. Predikat itu sekaligus mempertahankan raihannya tersebut.

Di ajang Paralimpiade Tokyo 2020, Leani Ratri Oktila meraih prestasi gemilang dengan mempersembahkan dua medali emas dan satu medali perak untuk Indonesia, dari cabang olahraga bulu tangkis.

Atlet yang akrab disapa Ratri ini turun bertanding dalam tiga nomor, yakni tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran.

2. Aries Susanti
5 Kartini Indonesia yang Mengharumkan Nama Negara di Pentas Olahraga Dunia

Aries Susanti adalah atlet panjat tebing andalan Merah Putih. Di ajang Asian Games 2018 dia meraih dua medali emas, tepatnya di nomor speed perorangan dan beregu.

Ia juga memecahkan rekor dunia sebagai perempuan pertama dalam sejarah yang mencatatkan waktu di bawah 7 detik, yaitu 6,995 detik dalam nomor speed world putri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)