Profil Witan Sulaeman: Pemain Timnas Indonesia yang Bakal Cicipi Liga Konferensi Europa 2022/2023

Senin, 16 Mei 2022 - 10:01 WIB
loading...
Profil Witan Sulaeman: Pemain Timnas Indonesia yang Bakal Cicipi Liga Konferensi Europa 2022/2023
Witan Sulaeman tidak hanya dikenal lincah saat mengolah si kulit bundar. Pemain kelahiran Palu, 20 tahun silam itu juga menjadi anak emas Shin Tae-yong di skuad Timnas Indonesia / Foto: Instagram Witan Sulaeman
A A A
Witan Sulaeman tidak hanya dikenal lincah saat mengolah si kulit bundar. Pemain kelahiran Palu, 20 tahun silam itu juga menjadi anak emas Shin Tae-yong di skuad Timnas Indonesia.

Nama Witan semakin terkenal saat tampil bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 lalu. Saat itu jebolan SKO Ragunan itu berhasil mengantarkan tim Garuda meraih status runner up.

Witan sepertinya harus berterima kasih pada Indra Sjafri. Berkat polesannya saat membela Timnas Indonesia U-19 bersama Egy Maulana Vikri dan Asnawi Mangkualam, ia mampu memberikan penampilan gemilang di lapangan.

BACA JUGA: Profil dan Prestasi Sandy Walsh: Pemain Keturunan yang Cinta Mati Indonesia

Witan bahkan dengan cepat mampu menembus Timnas U-23 dan senior di usia yang belum genap menginjak 20 tahun. Karier mentereng Witan membuat PSIM Yogyakarta tertarik merekrutnya pada tahun 2019.

Witan kemudian berpindah ke klub asal Serbia, Radnik Sudurlica selama 1,5 tahun. Witan mencatat debut di kompetisi Eropa bersama Radnik Sudurlica.

Karier Witan makin mentereng sehingga membuat Lechia Gdansk merekrutnya dan mengikatnya dengan kontrak selama 2 tahun. Witan digadang-gadang berduet dengan Egy, namun Egy pindah ke FK Senica sebelum akhirnya Witan juga dipinjamkan ke FK Senica bersama Egy.

BACA JUGA: Hasil dan Klasemen Liga Italia: Duo Milan Menang, Penentuan Juara di Pekan Terakhir

Penampilan Witan di FK Senica sangat memukau. Witan dan Egy menjadi langganan starter eleven FK Senica selama berkompetisi di Liga Slovakia. Egy dan Witan juga mampu menyumbangkan banyak gol yang sangat penting untuk karier mereka di Eropa.

Namun, masalah finansial membuat Witan harus mengakhiri kariernya lebih cepat di FK Senica. Meski begitu, penampilannya bisa dibilang sangat impresif dan sangat layak untuk bersaing memperebutkan 1 posisi inti di tim Lechia Gdansk.

Lechia Gdansk sendiri di musim 2022/2023 resmi mendapat jatah langsung main di Liga Konferensi Europa. Sebagai informasi, UECL adalah kompetisi antar klub Eropa terbaru yang dibuat oleh UEFA untuk mengakomodasi lebih banyak klub agar bisa berkompetisi di level Eropa selain di Liga Champions dan Liga Europa.



Dengan lolosnya Lechia Gdansk di UECL 2022/2023, Witan berkesempatan menjadi pemain Indonesia pertama yang akan merasakan kompetisi antar klub Eropa. Belum pernah ada pemain berpaspor Indonesia yang mencatatkan debut di kompetisi antar klub Eropa baik di kompetisi UCL, UEL, maupun UECL hingga saat ini.

Jika Witan Sulaeman mampu mencatatkan debut di UEFA Conference League 2022/2023, maka hal ini menjadi sesuatu yang membanggakan. Ada pemain Indonesia yang mampu bersaing di kompetisi antar klub Eropa yang selama ini hanya bisa kita tonton dari televisi dan internet. Witan juga pasti akan membuka jalan juniornya untuk menembus persaingan di klub-klub Eropa.

Apakah Witan Sulaeman bisa debut dan mencetak gol di Liga Konferensi Europa 2022/2023 bersama Lechia Gdansk? Menarik untuk ditunggu.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2912 seconds (0.1#10.140)