Biodata dan Agama Kamaru Usman, Petarung MMA Muslim Guncang UFC

Senin, 16 Mei 2022 - 13:31 WIB
loading...
Biodata dan Agama Kamaru Usman, Petarung MMA Muslim Guncang UFC
Biodata dan Agama Kamaru Usman, Petarung MMA Muslim Guncang Jagat UFC
A A A
Kamaru Usman yang lahir 11 Mei 1987 dikenal sebagai petarung MMA muslim yang mengguncang jagat UFC. Petarung MMA muslim yang dikenal dengan nama Kamaru Usman ini adalah seniman bela diri campuran profesional Nigeria-Amerika, mantan pegulat gaya bebas.

Biodata dan Agama Kamaru Usman, Petarung MMA Muslim Guncang UFC

Kamaru Usman menguasai Top 10 Petarung UFC P4P dengan mengalahkan lawan-lawannya.

Dia saat ini bertarung di divisi kelas welter Ultimate Fighting Championship atau UFC dengan status juara kelas welter UFC. Pada 27 September 2021, Kamaru Usman berada di peringkat 1 dalam Top 10 petarung UFC P4P (pound-for-pound) UFC. Dengan rekor karier 20-1, satu-satunya kekalahan karier Kamaru Usman datang dengan penyerahan diri dalam pertarungan profesional kedua.



Kamaru Usman lahir di Auchi, Nigeria. Ayahnya yang bernama Muhammad Nasiru Usman adalah seorang mayor di Angkatan Darat Nigeria. Sedangkan ibu Kamaru Usman adalah seorang guru. Dia memiliki dua saudara laki-laki, Kashetu dan Mohammed, yang terakhir adalah seniman bela diri campuran.

Tumbuh bersama ibu dan dua saudara laki-lakinya di Kota Benin, Kamaru Usman berjuang dalam lingkungan kemiskinan yang jorok selama masa kecil. Ayah Usman membawa keluarganya ke negara itu ketika dia berusia delapan tahun, berimigrasi ke Dallas, Texas.

Ayahnya sebelumnya pernah dihukum di Distrik Tarrant karena pencurian dan mengemudi dalam keadaan mabuk. Dia dihukum pada Mei 2010 atas berbagai pelanggaran, termasuk penipuan jaminan kesehatan dan pencucian uang. Dia dijatuhi hukuman 15 tahun penjara dan diperintahkan untuk membayar ganti rugi USD1.300.000, dan dibebaskan dari FCI Seagoville pada 16 Maret 2021. Kamaru Usman menikah dan memiliki seorang putri, Samirah yang lahir pada tahun 2014.

Sebagai pegulat, Kamaru Usman berkompetisi di kelas 84 kilogram. Usman merupakan anggota Tim Dunia Universitas AS tahun 2010. Secara kolegial, ia berkompetisi di kelas 78,9kg dan merupakan juara Nasional Divisi II NCAA 2010, tiga kali NCAA DII All-American dan kualifikasi Nasional NAIA.

Kamaru Usman mulai bergulat di tahun keduanya di sekolah menengah, di Bowie High School di Arlington, Texas. Karena pelatih gulat Usman pada saat itu kesulitan mengucapkan nama depannya Kamarudeen, dia mendapat julukan "Marty" ketika dia bergabung dengan tim dan itu melekat padanya selama karier gulat amatirnya.

Setelah mendulang rekor 53-3 dalam gulat sekolah menengah dan menempati posisi ketiga di kejuaraan negara bagian Texas, Usman bergulat bersama Jon Jones di turnamen nasional senior sebelum berangkat ke perguruan tinggi. Usman menjadi juara nasional Divisi II NCAA di kelas 78,9kg pada 2010, menyelesaikan musim dengan rekor 44-1 dan 30 kemenangan beruntun.

Pada tahun 2011, Usman menjabat sebagai pelatih gulat untuk Tim Miller di The Ultimate Fighter musim empat belas. Setelah gagal lolos ke uji coba Tim Olimpiade AS 2012 dalam gulat gaya bebas, Usman membuat debut MMA profesionalnya pada November 2012.

Dia mengumpulkan rekor 5-1, bersaing untuk beberapa promosi regional sebelum mencoba untuk The Ultimate Fighter pada awal 2015. Pada Februari 2015, diumumkan bahwa Usman adalah salah satu petarung yang terpilih untuk berada di The Ultimate Fighter (TUF) 21.

Dalam debut TUF 21, Usman menghadapi juara kelas welter Titan FC Michael Graves yang tak terkalahkan. Dia memenangkan pertarungan melalui keputusan mayoritas. Di final, Usman menghadapi Hayder Hassan pada 12 Juli 2015, di The Ultimate Fighter 21 Finale. Dia memenangkan pertarungan melalui penyerahan di babak kedua, sehingga memenangkan kontrak enam digit dengan UFC.

Dalam debut resminya sebagai atlet UFC, Usman menghadapi penantang masa depan Leon Edwards pada 19 Desember 2015, di UFC di Fox 17. Dia memenangkan pertarungan dengan keputusan bulat. Dalam pertarungan pertamanya tahun 2016, Usman menghadapi Alexander Yakovlev pada 23 Juli 2016, di UFC di Fox 20. Dia memenangkan pertarungan melalui keputusan angka mutlak.

Selanjutnya, Kamaru Usman menghadapi mantan juara kelas ringan UFC Rafael dos Anjos pada 30 November 2018 di The Ultimate Fighter 28 Finale. Dia memenangkan pertarungan melalui keputusan bulat. Kemenangan ini membuatnya mendapatkan penghargaan Performance of the Night keduanya.

Berbekal sembilan kemenangan beruntun di UFC, Usman selanjutnya menghadapi Juara Kelas Welter UFC Tyron Woodley pada 2 Maret 2019, dalam pertandingan utama di UFC 235. Dia memenangkan pertarungan satu sisi melalui keputusan bulat setelah mendominasi Woodley selama lima ronde.

Usman mempertahankan gelar untuk pertama kali dan menghadapi saingan lama Colby Covington di UFC 245 pada 14 Desember 2019. Kamaru Usman dijadwalkan untuk mempertahankan gelarnya untuk kedua kalinya melawan rekan setimnya yang lama dan juara dunia No-Gi Jiu-Jitsu dua kali, Gilbert Burns pada 12 Juli 2020 di UFC 251.



Pada 3 Juli 2020, terungkap bahwa Burns positif COVID-19 dan dia kemudian dikeluarkan dari laga utama. Pada tanggal 5 Juli 2020, dilaporkan bahwa Jorge Masvidal sebagai pengganti Burns. Usman mengalahkan Masvidal melalui keputusan bulat.

Biodata dan Agama Kamaru Usman, Petarung MMA Muslim Guncang UFC


Kamaru Usman mempertahankan gelarnya untuk ketiga kalinya, saat ia memenangkan pertarungan melalui KO di ronde ketiga. Kemenangan itu membuat Usman melampaui rekor mantan juara kelas welter UFC Georges St-Pierre untuk kemenangan beruntun terbesar di divisi dengan tiga belas kali menang.

Untuk pertarungan gelar kelimanya, Usman bertanding ulang melawan Jorge Masvidal untuk Kejuaraan Kelas Welter UFC pada 24 April 2021, di UFC 261 di Florida. The Nigerian Nightmare berhasil mempertahankan gelarnya setelah mengalahkan Masvidal di ronde kedua, menjadi yang pertama melakukannya di UFC.

Kamaru Usman bertanding ulang dengan Colby Covington untuk Kejuaraan Kelas Welter UFC pada 6 November 2021 di UFC 268. Usman mempertahankan kejuaraannya, dinyatakan sebagai pemenang melalui keputusan bulat. Dalam kesehariannya kini, Kamaru Usman dikenal sebagai sahabat dekat legenda UFC Khabib Nurmagomedov. Khabib dan Kamaru disebut-sebut sebagai pertarung muslim terbaik hingga saat ini.

Kamaru Usman sempat menggegerkan dunia pertarungan dengan menantang raja tinju kelas menengah super Saul Canelo Alvarez. Kepada TMZ Sports, Kamaru Usman tetap mengincar pertarungan tinju dengan jawara Kelas Menengah Super asal Meksiko tersebut. ''Saya sudah mengatakan nama yang menarik minat saya, Canelo. Itu yang menarik minat saya,''tegasnya.
Kamaru Usman begitu percaya diri dengan kemampuannya untuk menantang Canelo yang merupakan juara tinju Kelas Menengah Super tidak terbantahkan ''Jika saya tidak percaya pada diri saya sendiri, lalu mengapa saya melakukannya? Tentu saja saya percaya pada diri saya sendiri,''ungkapnya.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)